Ketahui Sederet Manfaat Bengkoang untuk Kesehatan Anda

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Bengkoang
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Banyak yang menganggap bahwa bengkoang adalah buah. Meski memiliki rasa sedikit manis dan sering dijadikan rujak, sebenarnya, bengkoang termasuk kelompok umbi-umbian. Selain begitu menyegarkan, bengkoang juga dikenal akan manfaatnya yang beragam bagi kesehatan. Melansir laman klikdokter, apa saja sih manfaat bengkongan untuk kesehatan?

Kaya serat

Kandungan bengkoang terdiri dari vitamin dan mineral serta makronutrien yang sangat baik untuk kesehatan. Selain itu, 130 gram bengkoang mengandung serat tinggi yaitu 6,4 gram. Sebuah penelitian menemukan, makan makanan yang banyak serat dapat berkontribusi pada kelangsungan hidup yang lebih lama. Menurut Data Komposisi Pangan Indonesia, 100 gram bengkoang mentah mengandung beberapa nutrisi antara lain:

  • Kalori: 59 Kal
  • Karbohidrat: 12,8 g
  • Protein: 1,4 g
  • Lemak: 0,2 g
  • Vitamin C: 20 mg
  • Besi: 0,6 mg
  • Kalium: 244,3 mg
  • Kalsium: 15 mg
  • Fosfor: 18 mg
  • Vitamin B2: 0,10 mg

Mencegah penyakit jantung

Umbi-umbian ini memiliki kandungan serat makanan larut yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol di dalam darah. Bengkoang juga mengandung potassium atau kalium yang membantu menurunkan tekanan darah dengan merelaksasi pembuluh darah.
Sebuah penelitian menunjukkan, kandungan kalium dapat menurunkan tekanan darah dan melindungi diri dari penyakit jantung dan stroke.

Baik untuk penderita mag

Mengingat kandungan seratnya yang tinggi, bengkoang sangat baik untuk lambung. Namun bukan berarti bengkoang dapat dijadikan obat yang dapat menyembuhkan gangguan lambung. Anda yang memiliki riwayat mag tetap harus minum obat yang dianjurkan dan mengimbanginya dengan pencegahan lain, seperti mengelola stres dengan baik dan menghindari makanan pemicu naiknya asam lambung (asam dan pedas).

Mencegah sembelit

Bengkoang mengandung sejenis serat prebiotik yang disebut inulin, yang dapat meningkatkan frekuensi buang air besar hingga 31 persen pada mereka yang mengalami sembelit. Kandungan air yang tinggi pada bengkoang juga dapat membantu meringankan sembelit. Selain itu, makanan dengan kandungan air yang tinggi dapat membantu memenuhi kebutuhan cairan harian Anda.

Mengurangi resiko kanker

Bengkoang mengandung vitamin C dan E, antioksidan, selenium, serta beta-karoten. Kandungan antioksidan di dalam bengkoang dapat menetralkan radikal bebas penyebab kerusakan sel dan kanker. Begitu juga dengan kandungan seratnya.

Mencegah anemia

Bengkoang atau yang sering disebut bengkuang mengandung sejumlah zat besi dan folat yang diperlukan untuk menghasilkan sel darah merah, serta meningkatkan pertumbuhan dan fungsi sel. Dengan kandungan tersebut, manfaat makan bengkoang bagi kesehatan yang bisa Anda dapat adalah mencegah anemia. Kondisi ini terjadi ketika tubuh kekurangan sel darah merah yang sehat.

Memperkuat tulang

Bengkoang mengandung berbagai mineral, seperti kalsium, fosfor, kalium, magnesium, dan mangan. Kehadiran inulin di dalam bengkoang mengurangi tulang keropos, dengan meningkatkan penyerapan kalsium dan mempertahankan mineral lain di dalam tulang.

Mineral-mineral tersebut sangat penting untuk membangun tulang yang kuat dan mencegah kerusakan. Manfaat makan bengkoang setiap hari dalam porsi cukup dapat membantu mencegah osteoporosis dan penyakit tulang lainnya.

Membuat kulit tampak awet muda

Bengkoang juga memiliki manfaat untuk kulit. Bengkoang dapat bekerja sebagai penangkal radikal bebas yang mencegah munculnya tanda-tanda penuaan, seperti garis-garis halus dan flek hitam. Ini semua berkat kandungan antioksidan yang dimilikinya. Tak heran bila banyak produk skincare yang menggunakan bengkoang sebagai salah satu bahannya.

Menjaga kulit tetap sehat

Manfaat bengkoang untuk kulit lainnya adalah menjaga kesehatan kulit secara keseluruhan. Bengkoang mengandung vitamin C, yang merupakan antioksidan untuk membantu produksi kolagen agar kulit tetap sehat. Kandungan vitamin C pada bengkoang juga dapat membantu memperbaiki tekstur kulit, mencegah kekeringan, dan membantu melindungi kulit dari efek buruk sinar UV.

Populer video

Berita lainnya