Tips Makan Sehat di Momen Perayaan Natal

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Foto: Istimewa

Celebritink.com – Hari raya Natal sudah di depan mata. Selain bertukar kado, momen Natal juga dimeriahkan dengan makan bersama keluarga dan orang-orang terdekat lainnya. Ya, beragam sajian khas Natal yang sangat menggugah selera pun dihadirkan.

Sebenarnya tak ada salahnya esekali mengonsumi banyak makanan enak dalam suasana perayaan Natal. Namun setidaknya pastikan Anda tidak kalap dengan menyantap semua makanan yang ada. Sebab, ada dampak buruk yang mengintai kesehatan Anda. Melansir laman halodoc, berikut ini tips makan sehat saat perayaan Natal.

Utamakan buah dan sayuran segar

Meski dalam suasana perayaan Natal, pola makan sehat tetap harus dijaga. Jadi, usahakan untuk tetap mengonsumsi buah dan sayuran segar. Sebab, buah dan sayur syarat akan vitamin, mineral dan juga serat. Dengan mengonsumsinya, Anda akan merasa kenyang tanpa memberikan kalori yang tinggi.

Anda juga bisa mengolah sayur dan buah menjadi berbagai menu yang menarik. Misalnya, membuat salad buah, smoothies sayur dan buah, dan lain. Selain sehat, rasanya pun juga enak dan menyegarkan.

Pilihlah makanan rebus atau kukus

Usahakan membatasi berbagai jenis makanan tidak sehat. Jika memungkinan, isilah piring dengan lebih banyak makanan yang direbus atau dikukus. Selain itu, makanan yang dipanggang juga bisa menjadi opsi yang lebih sehat untuk dikonsumsi di hari natal.

Kurangi alkohol dan minuman manis

Miuman manis dan alkohol biasanya memiliki tinggi kalori. Untuk mengurangi asupan kalori dan gula, pilih air putih atau minuman sehat lainnya daripada minuman manis dan alkohol di momen perayaan Natal.

Hindari sosis dan makanan olahan

Sosis dan daging olahan lainnya mengandung lemak jenuh, garam, dan pengawet yang bila dikonsumsi secara berlebihan bisa meningkatkan risiko kanker usus. Oleh karena itu, ketika sedang makan barbeku, gantilah sosis dengan burger patty yang dibuat menggunakan daging cincang tanpa lemak atau tusuk sate dari daging tanpa lemak.

Pilih makanan penutup dengan bijak

Tidak ada salahny menikmati berbagai hidangan penutup yang manis di perayaan Natal. Namun konsumsilah dengan bijak. Pasalnya, meski minuman manis bisa memberi energi, tapi sangat sedikit nutrisi untuk kesehatan. Selain itu, sering mengonsumsi gula secara berlebihan juga bisa menyebabkan kerusakan gigi.

Hati-hati mengonsumsi makanan ringan

Berbagai kue kering, seperti nastar, putri salju, stik keju, juga menjadi makanan yang kerap hadir saat natal. Rasanya yang enak dengan ukurannya yang kecil bisa membuat siapa saja menjadi kalap saat mengonsumsinya.

Meskipun berukuran kecil, camilan ringan di atas bisa memberikan banyak kalori. Alih-alih mengonsumsi kue kering, pilihlah buah beri atau ceri sebagai camilan pada hari natal.

Populer video

Berita lainnya