Manfaat Rutin Mengonsumsi Cokelat untuk Kesehatan Otak

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Cokelat untuk Otak
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan otak. Selain olahraga, mengonsumsi cokelat juga bermanfaat untuk otak Anda. Hal ini karena kandungan dalam cokelat baik untuk kesehatan. Bahkan, kandungan ini pun bisa memberi ragam manfaat untuk kesehatan sistem saraf dan fungsi otak Anda. Melansir laman hellosehat, berijut manfaat mengonsumsi cokelat.

Meningkatkan fokus, memori, dan kemampuan belajar

Cokelat mengandung senyawa flavonoid, terutama flavanol, yang bersifat antioksidan dan antiinflamasi. Sifat ini membuat cokelat dapat memperlancar aliran darah ke otak yang secara tidak langsung bisa membantu meningkatkan daya ingat dan fokus.

Kafein dalam cokelat juga membantu menjaga Anda tetap fokus dan berkonsentrasi yang juga penting untuk membantu proses belajar.

Meningkatkan suasana hati

Cokelat dikenal akan khasiatnya untuk meningkatkan suasana hati atau mood yang membuat orang memakannya jadi bahagia. Terutama cokelat hitam, yang dapat meningkatkan endorfin, yaitu zat kimia otak yang menimbulkan rasa bahagia.

Selain itu, cokelat disebut dapat membantu mengurangi rasa sakit dan meredakan stres yang sering menjadi pemicu mood swing Anda.

Membantu lebih pintar

Mengonsumsi cokelat dapat membantu Anda dalam proses belajar, sehingga dalam jangka panjang membuat Anda menjadi pintar. Terlebih salah satu manfaat cokelat dapat meningkatkan fokus dan memori Anda.

Mengonsumsi cokelat secara rutin terbukti dapat membantu melindungi saraf dan otak serta meningkatkan plastisitas otak (kemampuan otak untuk beradaptasi). Keduanya terkait dengan peningkatan kecerdasan.

Menurunkan risiko demensia dan Alzheimer

Beberapa penelitian menemukan fakta bahwa rutin mengonsumsi cokelat bisa memperbaiki fungsi kognitif pada pasien dengan gangguan kognitif ringan (mild cognitive impairment).

Adapun gangguan kognitif ringan ini merupakan kondisi yang sering berkembang menjadi demensia atau pikun, termasuk penyakit Alzheimer. Namun masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk memahami dengan pasti bagaimana cokelat dapat menurunkan risiko penyakit saraf ini.

Menurunkan risiko stroke

Manfaat cokelat untuk otak lainnya dapat membantu menurunkan risiko stroke. Hal ini telah terbukti dalam beberapa penelitian, salah satunya yang dipublikasikan di jurnal Atherosclerosis pada 2017.

Penelitian tersebut menemukan fakta bahwa wanita yang makan cokelat 1,3 ons sehari memiliki risiko stroke lebih rendah daripada wanita yang tidak.

Populer video

Berita lainnya