Perawatan Rambut Pria Agar Sehat dan Kuat, Cobalah Tips Ini

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Tips Perawatan Rambut Pria
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Siapa bilang perawatan rambut hanya untuk kaum Hawa. Sebenarnya pria juga perlu melakukan perawatan rambut, agar rambut tetap sehat dan terlihat indah. Tentunya dengan memilih perawatan yang tepat. Dilansir dari laman hellosehat, berikut ini beberapa tips perawatan rambut pria agar tetap sehat dan kuat.

Jangan keramas setiap hari

Mungkin dari kalian banyak yang mencuci rambut atau keramas setiap kali mandi. Padahal, terlalu sering keramas dan membasahi rambut dengan sampo, bisa membuat kulit kepala anda kehilangan kelembapan alaminya. Walhasil rambut menjadi terasa gatal. Oleh karena itu, setidaknya keramas setiap dua hari sekali atau sehabis berolahraga.

Keringkan rambut dengan lembut

Setelah keramas, sebaiknya jangan menggunakan handuk untuk menggosok-gosok rambut anda agar cepat kering. Sebab, cara itu justru akan merusak lapisan terluar rambut (kultikula). Sebaiknya keringkan secara lembut dengan cara menepuk-nepuk kepala dan diangin-anginkan. Gunakan sisir yang bergigi besar untuk mencegah rambut tertarik dan rontok saat disisir.

Gunakan konditioner

Kondisioner sangat penting untuk mengembalikan volume rambut. Kondisioner juga berfungsi sebagai penyeimbang sampo yang digunakan. Sebab salah satu efek pakai sampo yaitu rambut menjadi kering.

Tapi salah pilih kondisioner. Gunakan kondisioner rambut yang mengandung protein dan mineral. Kandungan ini sangat penting untuk menjaga kesehatan rambut dan membuat rambut jadi lebih mudah diatur.

Rutin potong rambut

Potong rambut merupakan cara cepat menghilangkan rambut rusak. Maka dari itu, potonglah rambut secara rutin untuk menghilangkan ujung rambut yang bercabang. Apabila anda sedang memanjangkan rambut, sebaiknya tetap potong ujung rambut anda secara rutin setiap 6-8 minggu sekali. Cukup potong bagian ujungnya untuk menghilangkan bagian yang rusak.

Jangan terlalu banyak menggunakan produk untuk rambut

Menggunakan terlalu sering produk rambut seperti, gel, semprotan rambut, pewarna, pomade, dan produk lainnya justru membuat tampilan rambut tidak terlihat alami. Terlalu banyak produk yang digunakan juga membuat rambut menjadi lebih berat. Sebisa mungkin, kurangi produk rambut yang anda gunakan saat merapikan atau menyisir rambut.

Perhatikan asupan makanan

Zat gizi dari makanan juga penting dalam perawatan rambut pria. Berikut ini beberapa zat gizi yang sangat penting untuk kesehatan rambut:

Protein
Protein mencegah rambut mudah kusut dan rontok. Ia memberikan kekuatan pada akar rambut dan membuat rambut Anda terlihat lebih indah alami. Sumber protein bisa Anda temukan dari kacang kedelai, susu, telur, kacang-kacangan, keju, daging ikan, daging sapi, daging ayam.

Vitamin C
Untuk pertumbuhan dan menjaga warna alami rambut, vitamin C jawabannya. Kekurangan vitamin C dapat membuat rambut pria kering atau pecah-pecah. Kekurangan vitamin C juga membuat Anda rentan terhadap kerontokan rambut. Buah yang kaya vitamin C misalnya stroberi, mangga, pepaya, dan nanas. Sayuran yang tinggi vitamin C contohnya tomat, timun, kembang kol, dan bayam.

Zat besi
Zat besi merupakan penyuplai oksigen untuk rambut. Folikel rambut sangat membutuhkan oksigen. Tanpa adanya zat besi yang cukup maka aliran oksigen yang masuk ke dalam folikel rambut juga akan kurang. Jika oksigen kurang, maka zat gizi yang sampai ke dalam folikel rambut juga tidak maksimal. Sumber zat besi bisa didapatkan dari sayuran hijau dan daging sapi.

Vitamin E
Vitamin E membantu mencegah kerontokan rambut, melancarkan sirkulasi aliran darah di kulit kepala, menjaga produksi minyak di permukaan kulit sehingga kulit kepala tidak mudah kering.

Populer video

Berita lainnya