Simak Tips Tetap Sehat Selama Liburan

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Liburan
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Libur akhir tahun sudah di depan mata. Ini saatnya Anda rehat sejenak dari rutinitas pekerjaan, dan berkumpul bersama orang terdekat.

Sebagian orang mungkin menghabiskan liburan akhir tahun dengan berpergian bersama keluarga. Namun agar dapat memanfaatkan waktu liburan, perlu untuk menjaga kesehatan. Lantas bagaimana cara ga agar tubuh tetap sehat selama liburan? Melansir laman alodokter, berikut ini beberapa tips yang bisa Anda lakukan.

Konsumsi Makanan Sehat dan Gizi Seimbang

Liburan bisa menjadi momen mencicipi berbagai kuliner lokal di tempat yang dikunjungi. Namun penting bagi Anda untuk memperhatikan asupan kalori dan nutrisi yang dikonsumsi.

Pastikan Anda mencukupi asupan sayuran dan buah-buahan, serta memilih camilan sehat dan praktis. Selain itu, batasi juga makanan yang tinggi lemak, gula, dan garam.

Banyak Minum Air Putih

Penting untuk mencukupi kebutuhan cairan selama liburan, agar tubuh tetap terhidrasi dan aktivitas liburan berjalan lancar. Orang dewasa dianjurkan untuk mengonsumsi setidaknya 8 gelas air per hari, sedangkan anak-anak minum air sekitar 7 gelas per hari.

Sempatkan Waktu untuk Berolahraga

Liburan bukan berarti Anda bebas tidak berolahraga. Setidaknya luangkan waktu sekitar 150 menit per minggu untuk berjalan kaki, joging, atau berenang.

Selain membakar kalori, olahraga dapat meredakan stres dan membuat tubuh menjadi lebih berenergi. Hal ini tentunya akan membuat Anda dan keluarga lebih bertenaga dan tetap sehat selama liburan.

Istirahat yang Cukup

Pastikan tidur yang cukup selama liburan, yaitu sekitar 9 jam setiap malamnya. Tidur dan istirahat yang cukup akan membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh, sehingga tubuh lebih berenergi, tidak mudah lelah, dan tidak gampang sakit.

Populer video

Berita lainnya