Ketahui Kebiasaan yang Membuat Jerawat Betah di Wajah

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Tips Atasi Jerawat Batu pada Wajah
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Munculnya jerawat di wajah bisa dipicu oleh beragam hal. Mulai dari perubahan kadar hormon, efek samping obat-obatan, hingga kebiasaan buruk yang kerap dilakukan. Nah, apa saja kebiasaan buruk yang dapat memicu jerawat? Melansir laman alodokter, simak penjelasannya berikut ini.

Terlalu sering mencuci muka

Mencuci muka terlalu sering dapat membuat wajah kehilangan minyak alami kulit dan mendorong kulit memproduksi minyak lebih banyak lagi. Efeknya, jerawat akan kembali muncul. Jadi, kamu cukup mencuci wajah sebanyak 2 kali dalam sehari saja. Saat mencucinya, usap dengan lembut wajahmu dan tidak perlu berlama-lama.

Memencet jerawat

Kebiasaan menghilangkan jerawat dengan cara memencetnya justru dapat menyebabkan masalah baru. Pasalnya, saat jerawat dipencet dan ditekan, ini akan membuat sumbatan pada pori-pori kulit masuk lebih dalam. Alhasil, proses penyembuhan menjadi lebih lama dan dapat meninggalkan bekas jerawat.

Penggunaan ponsel yang kotor

Layar ponsel bisa menjadi tempat berkumpulnya kotoran dan bakteri. Kebiasaan menempelkan layar ponsel ke wajah tanpa membersihkannya terlebih dahulu juga bisa membuat jerawat betah di wajah. Anda bisa menggunakan ear phone saat menelepon untuk menghindari perpindahan bakteri dari layer ponsel ke wajah.

Produk rambut yang terkena wajah

Kebiasaan membiarkan tetesan produk rambut, baik itu gel atau minyak rambut, mengenai wajah juga dapat memicu timbulnya jerawat. Ini karena produk tersebut dapat masuk ke dalam pori-pori dan menyumbatnya.

Tidur dengan make up

Produk make up yang dibiarkan semalaman dapat menyumbat pori-pori dan memicu jerawat. Karenanya, pastikan menghapus make up dan membersihkan wajah dengan metode double cleansing sebelum tidur supaya wajah tetap sehat dan bebas jerawat.

Konsumsi makanan manis dan olahan secara berlebihan

Terlalu sering makan makanan manis dan olahan, seperti biskuit, keik, roti putih, atau keripik kentang berkontribusi dalam betahnya jerawat di wajah. Pada beberapa orang, mengonsumsi makanan yang mengandung susu dan produk olahannya juga berpengaruh terhadap kemunculan dan betahnya jerawat di wajah.

Stres yang tidak terkontrol

Stres memang tidak secara langsung menyebabkan jerawat. Namun, stres yang berlebihan diketahui dapat memperburuk kondisi jerawat yang ada. Karenanya terapkanlah cara mengelola stres dengan baik.

Populer video

Berita lainnya