Ternyata Menertawakan Diri Sendiri Punya Banyak Manfaat, lho

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Menertawakan Diri Sendiri
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Menertawakan diri sendiri bukan berarti Anda tertawa sendiri tanpa alasan yang jelas. Menertawakan diri sendiri yang tepat adalah ketika Anda mampu melihat diri dengan sentuhan humor atau dari sudut pandang yang lebih santai. Melansir laman alodokter, berikut ini manfaat yang didapat jika Anda memiliki kemampuan menertawakan diri sendiri.

Meningkatkan self-esteem

Setiap orang pasti memiliki kekurangan dan pernah berbuat salah. Ketimbang menyalahkan diri sendiri karena kekurangan yang dimiliki atau kesalahan yang telah terjadi, coba pandang hal tersebut dari sisi lain.

Menurut penelitian, situasi sulit yang dipandang sebagai humor dan ditertawakan akan terasa lebih mudah untuk dihadapi. Hal ini pun akhirnya bisa menumbuhkan self-esteem dalam dirimu.

Meningkatkan self-awareness

Self-awareness atau kesadaran diri bisa ditingkatkan dengan menertawakan diri sendiri. Saat mampu menertawakan diri sendiri, artinya Anda bisa mengenali kekurangan yang ada di dalam diri dan menganggapnya sebagai hal yang normal.

Selain itu, Anda juga akan lebih memahami semua hal yang ada di dalam diri, termasuk kebiasaan sehari-hari, motivasi, dan tujuan hidup. Pemahaman ini dapat kamu gunakan untuk mengubah hal-hal kurang baik yang ada di dalam hidup.

Memperkuat hubungan dengan orang lain

Kemampuan untuk menertawakan diri sendiri juga bermanfaat untuk memperkuat hubungan dengan orang lain. Hal ini karena kebanyakan orang lebih tertarik menjalin hubungan dekat dengan orang yang punya selera humor dan tidak kaku.

Mengatasi stres

Saat dihadapkan pada situasi yang menegangkan, secara tidak sadar tubuh akan merespons hal tersebut sebagai suatu ancaman, sehingga kadar stres akan meningkat. Agar kadar stres mereda, hadapilah situasi tersebut dengan lebih santai. Salah satu caranya adalah menertawakannya.

Populer video

Berita lainnya