Begini Cara Membersihkan Paru-paru secara Alami

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Membersihkan Paru-Paru
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Paru-paru merupakan salah satu organ vital pada manusia. Karenanya kesehatan paru-paru sangat penting untuk mencegah gangguan pernapasan. Seperti asma, penyakit paru-paru obstruktif kronik (PPOK), atau fibrosis kistik.

Kesehatan paru-paru juga bisa terancam jika Anda menghirup udara yang terkontaminasi berbagai polutan, mulai dari bahan kimia, asap kendaraan, dan asap rokok yang dapat merusak paru-paru. Mengingat hal tersebut, penting bagi setiap orang membersihkan paru-paru. Melansir laman halodoc, berikut cara membersihkan paru-paru secara alami.

Terapi uap

Terapi ini dilakukan dengan menghirup air uap agar saluran udara terbuka, serta lendir yang kental jadi lebih encer. Cara ini sangat direkomendasikan untuk orang yang memiliki masalah pada paru-paru. Sebab, uap hangat dan lembap dapat memperlancar pernapasan sekaligus melonggarkan jalur lendir di dalam saluran udara dan paru-paru.

Ganti semua filter udara yang ada di rumah

Untuk mendapatkan udara yang bersih, Anda juga perlu mengganti semua filter udara di rumah dan bersihkan semua ventilasi. Termasuk ventilasi kamar mandi, ventilasi dapur, filter pada alat penyedot asap kompor, hingga filter AC.

Hindari menggunakan pewangi ruangan

Sering kali orang berpikir lebih nyaman jika ruangan yang ditinggali memiliki aroma wangi. Sebagian besar orang memilih menggunakan lilin aroma terapi atau alat pewangi ruangan otomatis. Padahal, aroma tersebut sering kali mengandung bahan kimia yang berbahaya untuk kesehatan paru-paru. Bahan aroma dari produk pewangi apa pun juga dapat mengiritasi paru-paru.

Luangkan lebih banyak waktu di luar ruangan

Cara membersihkan paru-paru selanjutnya yaitu dengan menghabiskan waktu di luar ruangan supaya mendapatkan lebih banyak udara segar. Dengan mendapatkan banyak udara segar, jaringan di paru-paru jadi lebih bersih dan sehat, sehingga fungsinya pun jadi lebih optimal.

Ubah pola makan

Pola makan yang sehat juga dapat mempengaruhi kesehatan paru-paru, termasuk:

  • Mengonsumi makanan yang banyak mengandung vitamin D. Sebab vitamin D dapat meningkatkan kesehatan paru-paru dan terbukti dapat mengurangi serangan asma. Sumber vitamin B adalah produk hewani, seperti ikan, telur, dan daging.
  • Makan dan minum sumber makanan yang bersifat antiinflamasi. Misalnya teh hijau, brokoli, kunyit, buah beri, dan cokelat hitam.
  • Konsumsi lemak sehat dan rendah karbohidrat. Sebab, metabolisme karbohidrat justru menghasilkan karbon dioksida lebih banyak, sedangkan metabolisme lemak sehat menghasilkan lebih banyak oksigen.

Populer video

Berita lainnya