Cari Krim Penghilang Flek Hitam di Apotik? Ini Rekomendasinya

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp

Flek hitam secara harfiah adalah masalah kulit dalam bentuk munculnya bintik hitam pada beberapa bagian tubuh terutama pada wajah. Flek hitam merupakn kumpulan pigmen alami atau melanin yang berisi melanosome. Seringkali disebabkan karena paparan sinar matahari langsung atau sinar ultraviolet. 

Masalah kulit satu ini merupakan bagian dari tanda penuaan, tetapi tidak hanya dialami wanita usia 40 tahun ke atas. Kenyataannya flek hitam mengganggu wanita dan laki-laki pada usia yang cukup muda mulai 20 tahun. 

Cara mengatasi flek hitam yang masih ringan umumnya cukup dengan mnggunakan sunscreen atau cream yang mengandung vitamin C. Namun dalam kondisi lebh lanjut, noda-noda hitam yang lebih tebal dan lebih membandel membutuhkan perawatan krim khusus yang mengandung bahan aktif untuk menyamarkan flek hitam lebih maksimal.

 

Namun perlu diingat beberapa merk cream di apotik  masuk dalam kategori obat keras yang perlu dikonsultasikan ke dokter terlebih dahulu. Berikut beberapa rekomendasi merk obat penghilang flek hitam yang bisa dicoba:

 

1. Vitacid

Vitacid merupakan obat penghilang flek hitam yang mengandung bahan aktif dan bekerja menyaamrkan flek hitam di wajah baik yang ringan maupun yang membandel. Cream ini tersedia dalam 3 pilihan dosis, yaitu 0,025%, 0,5% dan 0,1%.

 

Jika kondisi flek sudah tebal maka dianjurkan untuk menggunakan produk cream Vitacid dengan dosis paling tinggi yaitu 0,1%. Tujuannya adalah untuk mempercepat proses pengelupasan lapisan kulit sehingga flek hitam akan memudar dengan cepat.

 

2. Vitaquin

Vitaquin termasuk kategori obat keras dan harus dengan resep dokter. Dengan bahan aktif hidrokuinon hingga 5%, cream pemutih ini mampu menyamarkan flek hitam secara efektif, terutama untuk jenis yang sudah tebal dan membandel. Cara kerja cream ini adalah dengan menghambat pembentukan pigmen melanin.

3. Tracne

Penggunaan cream Tracne berlangsung dalam jangka waktu 1-2 bulan untuk hasil yang maksimal. Obat penghilang flek hitam di apotik ini mengandung zat aktif tretinoin yang efektif untuk mengatasi flek hitam dan gangguan jerawat di wajah. Cara kerja cream ini adalah dengan meningkatkan mitosis sel-sel epitel kulit sehingga terjadi proses peremajaan kulit secara cepat.

 

4. Melanox

Melanox sering direkomendasikan sebagai salep untuk menghilangkan flek hitam karena KB. Cream penghilang flek ini bisa Anda beli di apotik atau marketplace secara online dengan harga yang cukup terjangkau.

Jenis cream ini juga mengandung bahan aktif hidrokuinon namun dalam dosis yang lebih rendah yaitu 2%. Cream penghilang flek hitam ini secara efektif membantu memudarkan noda hitam yang tebal.



5. Refaquin

Refaquin mengandung beberapa kombinasi bahan aktif di dalamnya sehingga cukup efektif untuk menghilangkan flek hitam di wajah. Dengan kombinasi bahan aktif tersebut, cream ini bisa digunakan dalam jangka waktu yang singkat.

 

6. Mediquin

Untuk memaksimalkan efektivitas cream Mediquin dalam memudarkan flek hitam, maka sangat disarankan untuk menggunakan tabir surya saat berada di luar rumah. Karena paparan sinar matahari bisa menurunkan efektivitas cream ini

 

Mediquin merupakan salah satu cream pemutih yang bisa dicoba untuk mengatasi flek hitam di wajah. Penggunaan cream ini cukup efektif karena kandungan bahan aktif hidrokuinon di dalamnya cukup tinggi, yaitu 5%.

 

7. Equinon

Cream Equinion mengandung bahan aktif hidrokuinon hingga 4% sehingga cukup efektif untuk membantu menyamarkan flek hitam akibat bekas luka atau bekas jerawat di wajah. Termasuk untuk jenis flek hitam yang tebal dan membandel.

Populer video

Berita lainnya