Cara Memperbaiki Skin Barrier Yang Rusak

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp

Skin barrier adalah lapisan kulit paling luar yang berfungsi melindungi kulit secara alami. Ia terdiri dari sel-sel seperti peran batu bata yang saling terikat untuk melindungi isi rumahnya (dalam hal ini melindungi kulit wajah secara keseluruhan). Jika batu bata direkatkan oleh semen, skin barrier disambung oleh ceramide,, kolesterol dan asam lemak. Skin barrier juga mengandung protein yang berguna sebagai pelembab alami di kulit.

 

Ketika skin barrier dalam keadaan sehat, kulit  akan terlihat lembab, kenyal, segar dan juga lembut. Jika skin barrier tidak sehat atau rusak wajah akan terlihat kusam, kering dan terasa bersisik, timbul jerawat atau bekas jerawat yang tidak cepat hilang, dan muncul tanda penuaan dini seperti garis-garis dan flek.

 

Selain itu, kerusakan pada skin barrier jika tidak ditangani akan menjadikan kulit dehidrasi dan timbul iritasi. Beberapa penyebab skin barrier rusak adalah cuaca yang tidak menentu, polusi dan debu di jalan, terpapar sinar matahari tanpa sunscreen, bahan kimia tertentu dalam produk skincare, dan terlalu banyak melakukan eksfoliasi dan faktor genetik.

JIKA SKIN BARRIER KU RUSAK ...

Salah satu cara yang efektif adalah dengan fokus menghidrasi kulit wajah Anda. Yaitu dengan mengkombinasikan serum dan pelembab kulit. Contohnya dengan menggunakan produk skincare yang mengandung  humektan seperti panthenol, gliserin dan hyaluronic acid. Bahan-bahan ini berfungsi untuk memperbaiki tekstur wajah 

Kedua, untuk memperbaiki skin barrier yang paling utama adalah mengubah pola hidup menjadi lebih sehat. Dalam aktivitas yang padat di tengah kantor, misalnya, rasa lelah, stress, dan kurang istirahat menjadi penyebab utama skin barrier yang rusak. Maka, memperbaiki pola makan, menyisihkan waktu untuk berolahraga dan tidur yang cukup bisa mengembalikan kesehatan badan dan kulit.

Jika Anda ingin berdiskusi lebih jauh tentang perawatan skin barrier, atau mencari produk skincare yang cocok untuk perawatan skin barrier Anda, gabung dengan komunitas kulit sehat Zettaskin. Anda bisa mendapatkan konsultasi gratis dan rekomendasi produk yang sesuai keluhan Anda.

Populer video

Berita lainnya