Tips Meningkatkan Mood saat PMS

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Bagi para wanita, menghadapi pra menstruasi syndrom (PMS) mungkin sangat mengganggu. Gejala yang dialaminya pun berbeda. Mulai dari perut kembung, nyeri pada payudara, sakit kepala, dan lain sebagainya. Tak jarang PMS juga menyebabkan perubahan mood atau suasana hati, menjelang menstruasi. Bahkan perubahan mood itu biasanya terjadi secara tiba-tiba dan tanpa alasan yang jelas.

Penyebab perubahan mood saat PMS

Dilansir dari lama Halodoc, perubahan mood saat PMS terjadi karena fluktuasi hormonal selama paruh kedua siklus menstruasi. Jadi, ovulasi terjadi sekitar di pertengahan siklus menstruasi. Selama waktu ini tubuh melepaskan sel telur dan menyebabkan kadar estrogen dan progesteron turun. Sehingga perubahan hormon ini bisa menyebabkan gejala fisik dan emosional.

Lantas bagaimana cara meningkatkan mood saat PMS? Berikut ini cara yang bisa membantu anda menstabilkan perubahan suasana hati dan meningkatkan mood beberapa minggu sebelum menstruasi.

Olahraga

Tidak hanya bisa menjaga kebugaran tubuh, olahraga juga bisa meningkatkan mood dan meredakan depresi. Pasalnya saat berolahraga, tubuh menghasilkan endorfin, yakni zat kimia otak yang membuat perasaan menjadi lebih nyaman. Cobalah berolahraga setidaknya selama 30 menit selama beberapa hari dalam seminggu. Melakukan olahraga ringan, seperti berjalan-jalan setiap hari di sekitar rumah bisa membantu meredakan perasaan sedih, mudah tersinggung, dan cemas saat PMS.

Minum suplemen

Sebuah uji klinis menemukan bahwa mengonsumsi kalsium bisa membantu mengatasi perasaan sedih, mudah marah dan rasa cemas terkait PMS. Kamu bisa mendapatkan asupan kalsium dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan nutrisi tersebut, seperti susu, yogurt, keju, dan sayuran hijau, atau dengan mengonsumsi suplemen kalsium.

Hindari kafein, alkohol, dan makanan manis

Menjauhi kopi dan minuman berkafein juga menjadi salah satu cara untuk menstabilkan perubahan suasana hati saat PMS. Sebab, kafein bisa meningkatkan kecemasan, gugup, dan insomnia. Pun dengan mengurangi konsumsi alkohol yang juga bisa membantu meningkatkan suasana hati, karena alkohol bertindak sebagai depresan.

Di samping itu, sebaiknya hindari permen, soda, dan makanan manis lainnya terutama di minggu-minggu sebelum menstruasi. Tujuannya untuk mencegah perubahan suasana hati yang terkait dengan fluktuasi gula darah.

Tidur yang cukup

Kurang tidur bisa memperburuk suasana hati kamu menjelang menstruasi. Usahakan untuk tidur setidaknya 7-8 jam setiap malam, terutama dalam satu atau dua minggu menjelang menstruasi.

Mengelola stres dengan baik

Stres yang tidak dikelola dengan baik dapat memperburuk suasana hati. Cobalah untuk melakukan meditasi atau yoga, untuk menenangkan pikiran dan tubuh. Terutama saat kamu mulai merasakan gejala PMS.

Populer video

Berita lainnya