Tips Menjadi Tempat Curhat yang Nyaman bagi Teman

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Curhat
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Mungkin Anda pernah menemui teman yang datang untuk berkeluh kesah alias curhat. Namun sayangnya, tidak semua orang mengetahui bagaimana menjadi pendengar curhat yang baik. Pasalnya, salah-salah menanggapi, justru akan membuat orang yang curhat makin tambah pusing. Nah, untuk menjadi tempat curhat yang nyaman bagi orang lain, cobalah lakukan hal ini.

Fokus ketika teman curhat

Anda harus fokus ketika mendengarkan curhatan seorang teman. Karenanya, pastikan menjauhkan gadget ketika teman sedang meluapkan isi hatinya. Sebab ketika tidak fokus, bisa saja Anda menjadi tidak nyambung dengan apa yang sedang dibicarakan teman. Walhasil, teman Anda menjadi tidak nyaman dan merasa tidak dihargai.

Mulai dengan topik ringan

Mulailah dengan topik pembicaraan yang ringan seperti kegiatan yang dilakukan sehari-hari, hobi atau humor. Hal ini dilakukan agar teman merasa nyaman dan tidak canggung ketika mulai mengutarakan permasalahan yang tengah dihadapinya.

Berempati

Empati sangat penting ketika mendengarkan curhatan seseorang. Hal itu menunjukkan Anda benar-benar peduli. Anda bisa melakukannya dengan cara menunjukkan ekspresi sedih ketika dia sedang menceritakan kesedihan.

Berikan respon yang tepat

Berikan respon yang sesuai dengan pernyataan teman Anda, jangan dilebih-lebihkan. Dengan begitu, teman Anda akan merasa dihargai karena curhatannya didengar dengan baik. Selain itu, dengarkan juga curhatan teman dengan baik tanpa harus memotong pembicaraannya.

Jangan buru-buru memberikan nasihat

Biarkan teman meluapkan segala keluh kesah yang dirasakannya, untuk melepas semua perasaan yang membuatnya galau. Dengan mendengarkan curhatannya secara seksama, Anda bisa mengetahui dan memahami pasti apa yang sedang teman Anda rasakan.

Beri saran dan hibur dia

Pastikan memberi saran ketika ia meminta. Atau setidaknya memintalah izin terlebih dahulu sebelum Anda memberikan pandangan. Perlu diingat, pilih kata-kata yang tidak menyinggung perasaannya ketika memberikan saran. Setelah itu, Anda bisa membahas topik-topik ringan untuk menghibur teman yang sedang galau.

Populer video

Berita lainnya