Ini Tanda-tanda Anda Kecanduan Game Online

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Main Game Online
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Kecanduan game online merupakan kondisi akan kurangnya kontrol atas kebiasaan bermain game. Hal itu dapat berdampak negatif dalam banyak aspek kehidupan, termasuk perawatan diri, hubungan, sekolah, dan pekerjaan. Apalagi banyak peneliti yang menganggap kecanduan game online layaknya kecanduan yang mirip dengan gangguan perjudian. Ditambah lagi, belakangan banyak game online yang bersifat menghabiskan uang.

Nah, ada beberapa ciri-ciri yang harus diperhatikan dalam mengenali kecanduan game online. Melansir laman halodoc, simak penjelasannya berikut ini.

Preokupasi dengan game online

Seseorang selalu berpikir tentang aktivitas game sebelumnya atau mengantisipasi untuk bermain game berikutnya. Bermain game menjadi aktivitas yang dominan dalam kehidupan sehari-hari.

Muncul gejala penarikan saat game diambil

Seseorang yang kecanduan game online biasanya menjadi lekas marah, cemas, bosan, mengidap, atau sedih ketika game-nya diambil.

Selalu meminta toleransi

Orang yang kecanduan game online memiliki kebutuhan untuk menghabiskan lebih banyak waktu untuk bermain. Hal tersebut mungkin dipicu oleh kebutuhan untuk menyelesaikan tujuan yang semakin rumit, memakan waktu, atau sulit untuk mencapai kepuasan.

Kehilangan minat pada hobi

Pemain game online yang sudah kecanduan akan akan kehilangan minat pada hobi dan hiburan yang sebelumnya kerap ia lakukan. Hal tersebut sebagai akibat dari kecanduan game online.

Terus bermain meski merasakan dampak negatif

Seseorang akan terus bermain game online secara berlebihan, meskipun ia mengetahui adanya masalah psikososial atau dampak negatif lainnya.

Menipu orang lain

Pecandu game online jadi suka menipu atau membohongi anggota keluarga atau orang lain tentang permainan mereka.

Kehidupan pribadi jadi berantakan

Orang yang kecanduan game online dapat berisiko mengalami kehilangan pekerjaan, pendidikan, atau peluang karier.

Populer video

Berita lainnya