Simak Cara Menerapkan Self Love di Kehidupan Sehari-hari

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Self Love
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Self love artinya mencintai diri sendiri, dengan memperlakukan dan menerima diri sendiri dengan baik dan apa adanya. Belakangan istilah ini memang kerap dilontarkan di berbagai platform media sosial. Pasalnya, istilah tersebut memiliki keterkaitan dengan kesehatan mental.

Self love mengacu pada cinta dan kasih sayang diri sendiri. Kedua hal tersebut diketahui sebagai kunci dalam menjaga kesehatan mental. Mengingat self love merupakan hal penting dan perlu diterapkan, simak cara menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari, seperti dilansir dari laman halodoc.

Setop membandingkan diri dengan orang lain

Sebenarnya membandingkan diri dengan orang lain adalah hal wajar, jika untuk meningkatkan ilmu atau keterampilan, sehingga menjadi motivasi. Namun, hal ini juga dapat berbahaya apabila membandingkan diri dengan orang lain memicu kecemasan, atau malah membuat orang tersebut stres. Karena itu, penting untuk berhenti membandingkan diri dengan orang lain, dan fokuslah menerima diri sendiri, serta memperbaiki apa yang dapat diperbaiki.

Jangan hiraukan opini orang lain

Perlu diingat, Anda tidak dapat membuat semua orang bahagia. Karenanya, selalu memperdulikan opini orang lain tentu dapat membuang waktu dan hanya membuat seseorang stres. Selain itu, hal ini juga dapat memperlambat atau menghambat perjalanan seseorang untuk menemukan diri terbaiknya.

Jauhi orang yang toxic

Tidak semua orang dapat menyebarkan dampak atau energi yang positif pada kehidupanmu. Bahkan, sebagian orang kerap membawa pengaruh negatif dan bersifat toxic terhadap dirimu. Oleh karena itu, jangan takut untuk menjauh dari orang-orang yang bersifat toxic. Hal ini penting untuk dilakukan, meskipun mungkin menyakitkan atau sulit diterapkan.

Percaya terhadap diri sendiri

Kebanyakan orang kerap meragukan kemampuan mereka untuk melakukan sesuatu yang mereka ingin raih. Padahal, keraguan tersebut tentunya perlu dikurangi secara bertahap. Selain itu, satu-satunya orang yang paling mengenal dirimu adalah, Anda sendiri. Maka, penting untuk senantiasa mempercayai diri sendiri, khususnya dalam mengambil keputusan.

Mendahulukan diri sendiri

Hal ini mungkin akan dianggap sebagai tindakan egois bagi sebagian orang. Namun, perlu diketahui bahwa tidak ada hal yang salah untuk mendahulukan diri sendiri, selama hal ini tidak merugikan orang lain. Baik dalam aspek emosional, maupun dalam aspek kesehatan mental.

Populer video

Berita lainnya