Coba Makanan Ini untuk Menghentikan Kebiasaan Merokok

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Terapi Berhenti Merokok
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Mungkin Anda termasuk orang yang sangat ingin berhenti merokok, mengingat dampak yang ditimbulkannya pada kesehatan. Meski sudah melakukan beragam cara, tak jarang banyak yang kesulitan untuk meninggalkannya. Namun tidak ada salahnya Anda mencoba mengonsumsi beberapa makanan atau minuman ini untuk membantu terbebas dari tembakau. Melansir laman klikdokter, berikut ini penjelasannya.

Permen Karet atau Permen Mint Bebas Gula

Permen karet atau permen mint bisa membantu untuk berhenti merokok. Pasalnyya, mengonsumsi permen dapat membuat mulut sibuk mengunyah atau sebagai bahan pengalihan saat kamu ingin merokok. Ditambah lagi, mengunyah permen karet dan permen mint biasanya lebih lama daripada waktu merokok.

Jahe

Mengonsumsi jahe bisa menjadi salah satu cara berhenti merokok secara alami yang bisa kamu coba. Ya, bumbu dapur ini disebut-sebut dapat menekan hasrat untuk merokok. Kamu bisa mengonsumsi campuran jahe dengan satu sendok gula setiap hari.

Teh Ginseng

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ginseng dapat menjadi terapi untuk kecanduan nikotin karena dapat melemahkan efek dopamin, neurotransmiter di otak yang berhubungan dengan kesenangan dan dilepaskan saat merokok. Minum teh ginseng bisa mengurangi daya tarik terhadap rokok, bahkan membuatnya terasa kurang nikmat.

Susu

Menurut sebuah studi, perokok yang meminum segelas susu sebelum merokok akan merasakan bahwa rokok adalah sesuatu yang tidak mengenakkan, dengan aftertaste yang pahit. Para perokok tersebut melaporkan bahwa minum susu membuat rasa rokok semakin buruk. Kebanyakan dari mereka mengatakan bahwa rasa dari susu ataupun segala produk yang terbuat dari susu, membuat rokok terasa pahit.

Buah dan Sayur

Perlu diketahui bahwa rokok menghalangi penyerapan nutrisi penting, seperti kalsium, vitamin C, dan vitamin D. Misalnya, merokok hanya satu batang akan menguras 25 mg vitamin C. Menurut penelitian, dengan banyak mengonsumsi sayuran dan buah, dapat membantu mengurangi keinginan untuk merokok. Efek yang ditimbulkan akan sama seperti saat kamu meminum segelas susu.

Kacang-kacangan

Salah satu kekhawatiran orang yang berhenti merokok adalah bertambahnya berat badan karena beralih ke kebiasaan ngemil. Padahal kuncinya adalah memilih makanan yang tepat untuk berhenti merokok. Anda bisa mencoba ngemil kacang-kacangan, misalnya kacang polong dan kacang kedelai.

Populer video

Berita lainnya