Simak Cara yang Bisa Dilakukan untuk Mengatasi Stres Akibat Pekerjaan

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Ilustrasi Stres
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Saat beban pekerjaan terlalu banyak dan dikejar deadline, hal ini dapat menyebabkan seseorang merasakan tekanan sehingga menimbulkan stres. Jika masalah ini tidak diatasi, produktivitas dan aktivitas harian lainnya bisa terganggu.

Maka dari itu, setiap orang perlu tahu cara mengobati stres di tempat kerja yang efektif. Melansir laman halodoc, simak cara mengatasi stres yang efektif akibat pekerjaan.

Ketahui penyebab stres

Perlunya mengidentifikasi situasi yang membuat stres dan cara untuk menanggapinya. Catat pikiran, perasaan, dan informasi terkait lingkungan kerja dan cara tubuh bereaksi. Karenanya, catat dengan lengkap untuk menemukan pola di antara penyebab stres dan reaksinya.

Buat respons yang sehat

Ketimbang mengonsumsi makanan yang tidak sehat, olahraga menjadi cara yang paling baik untuk menghilangkan stres. Selain itu, luangkan juga waktu untuk melakukan hobi dan kegiatan yang disenangi. Di sisi lain juga pastikan untuk mendapatkan tidur yang cukup dan berkualitas, guna mengatur stres.

Tetapkan batas

Kemudahan digital membuat seseorang mendapatkan beban pekerjaan bahkan di luar jam kerja. Maka dari itu, pastikan untuk menetapkan batasan jam kerja. Pastikan untuk membuat batasan yang jelas antara pekerjaan dan kehidupan di rumah. Hal ini mampu mengurangi potensi konflik kehidupan kerja dan stres.

Luangkan waktu untuk melepas stres

Untuk menghindari efek negatif dari stres, setiap orang perlu melepas penat agar pikiran kembali ke semula. Selama proses pemulihan ini perlu menjauh sementara dari pekerjaan. Manfaatkan waktu luang untuk beristirahat dan bersantai, sehingga dapat merasa segar kembali dan siap melakukan pekerjaan dengan cara yang maksimal.

Dapatkan dukungan

Setiap orang yang sedang mengalami stres perlu mendapatkan dukungan dari orang-orang terdekat, seperti teman dan keluarga. Hal ini dapat meningkatkan kemampuan diri dalam mengelola stres.

Populer video

Berita lainnya