Mengetahui Plus Minus Olahraga Malam

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Ilustrasi Olahraga Malam
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Jika dulu olahraga dikenal sebagai aktivitas fisik di pagi hari, kini, olahraga di malam hari pun sudah menjadi hal yang dianggap wajar bagi sebagian orang. Nyatanya, ada plus minus yang bisa Anda terima dengan melakukan olahraga di malam hari. Melansir laman klikdokter, berikut ulasannya.

Manfaat Olahraga Malam Hari

Menghilangkan penat

Setelah seharian bekerja, Anda tentu ingin menghilangkan kepenatan atau stres ketika malam. Nah, Anda dapat melampiaskannya dengan olahraga. Hal tersebut dikaitkan dengan pelepasan hormon kortisol yang berperan sebagai penyedia energi dan pengendali stres.

Menghasilkan performa terbaik

Kadar kalori yang dibakar pada pagi hari bisa saja sama dengan malam hari. Hal tersebut tergantung kebiasaan mengalokasikan energi dalam satu hari. Bila merasa mempunyai banyak energi di malam hari, Anda tentu bisa lebih efektif berolahraga di malam hari, begitu juga sebaliknya. Maka itu, kenalilah irama sirkadian tubuh Anda.

Tidak terburu-buru

Olahraga malam hari biasanya memiliki waktu yang lebih fleksibel. Anda tidak akan dikejar-kejar aktivitas lain saat berolahraga di malam hari. Dengan begitu, Anda akan lebih punya waktu untuk fokus berolahraga. Tujuan yang ingin dicapai bisa didapatkan lebih optimal.

Menghindari kebiasaan tidak sehat

Tentunya, berolahraga di malam hari jauh lebih baik dibanding hanya berdiam diri menonton televisi sambil mengonsumsi camilan di rumah. Selain membakar kalori berlebih dan dapat memperoleh bentuk tubuh ideal, berbagai penyakit kronis juga tidak mudah menyerang tubuh.

Metabolisme Lebih Siap

Menurut American Council of Sports Medicine, aktivitas fisik mungkin lebih produktif ketika suhu tubuh berada pada suhu tertinggi. Bagi kebanyakan orang, suhu tubuh naik antara siang sampai menjelang malam hari. Otot juga lebih fleksibel dan kekuatannya berada pada puncaknya. Kondisi ini dianggap lebih siap untuk melakukan olahraga yang lebih produktif.

Nutrisi terserap lebih baik

Studi dalam jurnal Nutrients mengatakan, orang dewasa muda yang rutin mengonsumsi minuman berprotein usai olahraga dan sebelum tidur mempunyai kadar asam amino lebih banyak. Temuan itu dibandingkan dengan orang yang meminumnya pada siang hari. Artinya, protein lebih optimal dicerna dan diserap ketika tidur.

Bahaya Olahraga Malam

Menunda olahraga karena urusan lain

Terkadang Anda memiliki acara dengan keluarga atau teman sepulang kerja. Hal ini dapat menjadi faktor penghambat olahraga yang sudah dijadwalkan di malam hari. Terlebih jika Anda lebih senang menghabiskan waktu untuk berkumpul dan makan malam di luar rumah, hal ini dapat menjadi gangguan untuk disiplin berolahraga.

Terbatasnya variasi jenis olahraga

Jika berolahraga di malam hari, kemungkinan Anda untuk melakukan olahraga di luar ruangan menjadi berkurang. Olahraga di luar ruangan seperti berlari, bersepeda, sepak bola, dan sebagainya. Hal tersebut bisa terjadi karena faktor cuaca, penerangan, dan lainnya. Akibatnya, Anda hanya melakukan jenis olahraga yang itu-itu saja.

Gangguan pola tidur

Olahraga di malam hari dapat meningkatkan metabolisme tubuh, sehingga Anda bisa mengalami kesulitan tidur. Kondisi ini dapat terjadi ketika waktu antara olahraga dan tidur malam terlalu dekat.

Maka itu, hindari masalah tidur tersebut dengan melakukan olahraga ringan atau sedang ketimbang olahraga berat. Berikan tubuh Anda waktu yang cukup untuk melakukan pendinginan setidaknya 3-5 menit di akhir latihan.

Kesempatan bersosialisasi berkurang

Setelah sibuk bekerja, Anda tentu ingin berkumpul bersama keluarga atau sahabat. Namun, hal tersebut mungkin tertunda karena harus fokus dengan program diet dan olahraga. Hal itu bisa membuat kesempatan untuk bersosialisasi terbagi dengan olahraga malam hari.

Sudah kehabisan energi

Di malam hari, sangat mungkin sudah kehilangan semangat berolahraga, lantaran seharian Anda sudah berkutat dengan pekerjaan yang menumpuk. Walhasil, jadwal olahraga pun tidak dipatuhi dan tidak konsisten.

Tanpa instruksi pelatih

Dampak olahraga malam hari yang cukup merugikan adalah tidak bisa menerima instruksi trainer. Padahal, arahan pelatih penting untuk mencapai bentuk tubuh atau tujuan yang diinginkan. Sementara, tidak semua trainer memiliki jadwal di malam hari.

Populer video

Berita lainnya