Ini Pilihan Olahraga yang Baik untuk Penderita Mag

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Penderita Maag
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Perut begah, nyeri, dan perih merupakan gejala yang bisa terjadi saat penyakit mag kambuh. Bagi penderita penyakit ini, penting untuk memerhatikan pola makan dan gaya hidup, termasuk pilihan olahraga. Pasalnya, penderita mag tidak bisa sembarangan berolahraga.

Gerakan-gerakan yang salah bisa meningkatkan tekanan pada perut yang menyebabkan asam lambung bisa naik dan mencetuskan gejala mag. Guna menghindari mag kambuh lantaran olahraga, simak beberapa pilihan olahraga untuk penderita asam lambung seperti dilansir dari laman klikdokter berikut ini.

Jalan santai

Gerakan yang terlalu cepat bisa membuat otot menegang dan menyebabkan perut mendapat banyak tekanan. Oleh karena itu, dibanding olahraga lari, lebih baik lakukan jalan santai sambil menikmati pemandangan agar stres juga bisa ikut reda. Dengan demikian, penyakit mag yang dialami bisa semakin dikendalikan.

Yoga

Latihan pernapasan dan peregangan badan seperti yoga baik untuk penderita mag. Dengan meregangkan otot di sekitar perut, tekanan di dalam lambung pun akan berkurang.

Yoga juga bermanfaat mengatasi stres. Sebagaimana diketahui, stres juga bisa memicu asam lambung. Mengelola stres diteliti dapat bermanfaat bagi pasien dengan gangguan pencernaan seperti mag.

Berenang

Ketika berenang, semua otot pada tubuh akan bekerja. Gerakan berenang akan menghindari tekanan pada perut, sehingga risiko lonjakan asam lambung atau GERD dapat dihindari. Namun jangan langsung berenang setelah makan dengan perut yang penuh. Hal ini justru dapat meningkatkan risiko asam lambung.

Bersepeda

Bersepeda dengan intensitas ringan-sedang dapat membantu menurunkan dan menstabilkan berat badan. Dengan berat badan yang terkontrol dapat membantu mengatasi penyakit mag. Pastikan juga menggunakan pakaian yang longgar dan nyaman saat bersepeda. Gunakan juga celana yang nyaman agar tidak menimbulkan tekanan pada perut saat bersepeda.

Senam

Senam aerobik dengan gerakan ringan dapat mencegah timbulnya penyakit mag. Menurut Middle East Journal of Digestive Diseases, senam aerobik dapat meningkatkan kualitas hidup penderita GERD.

Populer video

Berita lainnya