Atasi Iritasi Setelah Mencukur Rambut Halus di Miss V

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Iritasi pada Miss V
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Mencukur rambut halus termasuk salah satu cara menjaga kebersihan miss V Anda. Tetapi sebenarnya, Anda juga bisa mengalami gejala iritasi setelah mencukur pada semua bagian kulit rambut halus. Hanya saja, kondisi ini biasanya bersifat sementara dan akan hilang sendiri seiring berjalannya waktu.

Rambut halus kemaluan yang iritasi disebut juga dengan nama razor burn. Kondisi ini biasanya muncul sebagai ruam merah dan bisa berkembang menjadi benjolan merah. Bila Anda mengalami iritasi setelah mencukur bulu kemaluan, melansir laman hellosehat, berikut cara mengatasi kondisi tersebut.

Kompres air dingin

Ketika iritasi, ada proses peradangan dan kerusakan pada pembuluh darah. Kedua proses tersebut bisa menyebabkan sel darah keluar dari pembuluh darah dan menyebabkan kulit kemerahan. Sementara es atau air dingin bisa menurunkan jumlah darah yang keluar karena berkurangnya zat perangsang peradangan.

Kompres menggunakan air dingin dapat membantu menenangkan kulit iritasi dan mengurangi kemerahan yang baru terjadi 24 sampai 48 jam. Suhu air yang rendah bisa memperlambat aliran darah yang iritasi. Cara mengompresnya dengan bisa menggunakan beberapa es batu dengan handuk bersih. Lalu tempelkan ke area yang iritasi selama 5-10 menit, lakukan setiap beberapa kali sehari sesuai kebutuhan.

Oleskan minyak kelapa

Sebuah studi menunjukkan bahwa kandungan antioksidan dalam minyak kelapa bertindak sebagai antiinflamasi yang melindungi kulit. Selain itu, minyak kelapa juga bertindak sebagai pelembap alami yang bersifat antiseptik.

Saat mengoleskan di area yang iritasi, kulit akan terasa lebih tenang. tempelkan ke area yang iritasi selama 5-10 menit, lakukan setiap beberapa kali sehari sesuai kebutuhan.

Oleskan lidah buaya

Penelitian terbitan jurnal Wounds mengatakan bahwa lidah buaya memiliki efek antiseptik dan antiradang yang bisa membantu proses penyembuhan luka. Anda bisa mengoleskan potongan lidah buaya segar ke area yang terkena sesuai kebutuhan. Anda juga bisa memakai gel lidah buaya yang tidak mengandung pewangi dan alkohol.

Memakai celana katun yang longgar

Iritasi pada bulu atau rambut halus kemaluan membuat Anda tidak nyaman, terutama saat bergerak. Untuk mengatasinya, Anda bisa memakai celana yang longgar untuk mengurangi keringat dan iritasi lebih lanjut. Selain itu, memakai celana longgar dapat membantu area vagina bernapas lebih lega dan mengurangi gesekan.

Gunakan obat krim

Anda bisa menggunakan obat dalam bentuk krim topikal (oles) mengandung hidrokortison. Adapun hidrokortison sendiri berfungsi untuk mengurangi pembengkakan dan menenangkan kulit yang kemerahan. Tetapi hati-hati ketika menggunakan bahan apa pun ke area genital Anda. Obat kimia atau obat herbal mungkin menimbulkan efek samping.

Populer video

Berita lainnya