Ini Tanda-Tanda Anda Butuh Konsultasi ke Psikolog

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Konsultasi Psikolog
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Banyak orang berpikir psikolog menjadi tempat bagi mereka yang memiliki masalah kejiwaan dan mental. Karenanya banyak yang berasumsi, mereka yang disarankan konsultasi ke psikolog karena dianggap “gila”. Tapi hal tersebut tentunya tidak benar. Pada kenyataannya, pergi konsultasi atau terapi ke psikolog punya manfaat besar untuk kehidupan.

Konsultasi ke psikolog dapat membantu Anda menjalani hidup agar tenang. Masalah yang mengganggu pikiran serta perasaan pun bisa diselesaikan dengan baik. Menjadi pertanyaan, kapan seseorang perlu berkonsultasi ke psikolog? Melansir laman klikdokter, berikut ini ulasannya.

Sulit mengendalikan emosi

Emosi atau perasaan yang tidak terkendali dan sering berubah-ubah bisa menjadi sinyal ada kesehatan mental yang terganggu. Terlebih, jika emosi yang labil itu dibarengi porsi makan atau jam tidur yang jadi lebih sedikit dari biasanya. Tandanya masalah yang Anda alami sudah sangat mengganggu.

Tidak fokus

Apabila pikiran yang mengganggu sampai membuat sulit konsentrasi dan terganggu menjalani aktivitas, ini merupakan tanda Anda memerlukan bantuan. Saat konsultasi, psikolog akan membantu menemukan penyebab masalah yang Anda alami. Psikolog pun dapat membantu menemukan langkah penyelesaian masalah dengan cara yang sehat dan tepat.

Cari pelampiasan tidak sehat

Saat sedang merasa tidak baik-baik saja, beberapa orang akan mencari cara instan untuk menenangkan perasaan kalutnya. Misal, mulai dari minum alkohol, terjun ke dunia seks bebas, merokok, atau bahkan mengonsumsi obat-obatan terlarang. Hal ini dapat menjadi candu dan membuat masalah yang Anda alami semakin memburuk. Jika stres atau cemas yang Anda rasakan mulai mengarah ke pelampiasan buruk tersebut, segera hubungi psikolog untuk konsultasi.

Traumatis

Berduka dalam waktu berkepanjangan, pernah mengalami kekerasan, atau bahkan pernah dipecat dari pekerjaan, dapat membuat orang trauma. Kondisi ini harus diatasi agar tidak menyebabkan munculnya pikiran negatif berulang, ketakutan, atau bahkan stres.

Orang sekitar mulai khawatir

Beberapa orang yang akrab seperti sahabat, pacar, atau keluarga mungkin menangkap sinyal tidak biasa dari keseharian atau kondisi Anda. Jika demikian, segera hubungi psikolog agar kondisi Anda segera membaik.

Sulit tidur

Jika tekanan pekerjaan atau pikiran mulai menghantui keseharian, bahkan membuat Anda sulit tidur. Sudah waktunya untuk konsultasi dengan psikolog. Jangan biarkan masalah ini berlarut larut dan menyebabkan gangguan tidur.

Keinginan menyakiti diri sendiri

Tekanan psikis bisa membuat pikiran tidak jernih, salah satunya menyebabkan pikiran untuk menyakiti diri. Jika hal ini sampai terjadi, jangan ragu untuk segera berkonsultasi dengan psikolog, agar pemeriksaan menyeluruh dapat dilakukan.

Populer video

Berita lainnya