Cara Mudah Menghilangkan Freckles yang Bikin tak Percaya Diri

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Kecantikan Wajah
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Freckles merupakan bintik bintik kecil berwadna cokelat muda atau tua, kemerahan atau hitam yang pada umumnya muncul di wajah. Bagi sebagian orang, kondisi ini terasa mengganggu karena bisa menurunkan rasa percaya diri.

Freckles biasanya terjadi pada orang berkulit putih atau kuning langsat. Alasannya, karena jumlah sel penghasil pigmen (melanosit) pada kulit akan memproduksi pigmen kulit (melanin) lebih banyak saat terpapar sinar matahari. Makin banyak jumlah melanin pada kulit, kulit pun akan makin gelap.

Tapi meningkatnya kadar melanin terkadang tidak membuat kulit menjadi tampak lebih gelap merata, tetapi justru menumpuk di sebagian area saja sehingga menyebabkan munculnya bintik-bintik di kulit (freckles).

Sebenarnya, freckles bukanlah kondisi yang berbahaya. Pada sebagian orang, freckles juga bisa menghilang seiring bertambahnya usia serta tanpa pengobatan khusus.

Namun, apabila munculnya freckles terasa mengganggu, ada beragam cara untuk menyamarkan, menutupi, atau mengurangi freckles yang bisa Anda lakukan. Melansir laman Alodokter, simak caranya di bawah ini.

Menggunakan make up

Mengapilkasikan make up seperti foundation dan bedak, bisa membantu menyamarkan dan menutupi freckles agar tidak terlihat. Walaupun instan, cara ini memang tidak menghilangkan freckles sepenuhnya.

Memakai tabir surya secara rutin

Freckles akan makin terlihat jika kulit sering terpapar sinar matahari tanpa perlindungan yang baik. Untuk mencegah bertambahnya muncul bintik-bintik ini, perlu menggunakan tabir surya dengan SPF 30 atau lebih secara rutin.

Gunakan tabir surya ketika akan beraktivitas di bawah terik matahari dan oleskan berulang setiap 2 jam sekali.

Pakai skincare pencerah kulit

Serangkaian skincare, mulai dari sabun pembersih wajah, serum, krim malam, hingga pelembap dengan kandungan vitamin C, niacinamide, atau retinol bisa mengatasi masalah kulit menggelap di area tertentu (hiperpigmentasi), seperti freckles.

Ketiga kandungan ini juga bisa memperbaiki sel-sel kulit yang rusak, mencerahkan kulit, dan menghaluskan kulit.

Penggunaan bahan-bahan alami

Penggunaan bahan alami seperti campuran air lemon dan madu, dipercaya membantu mengurangi freckles dan mencerahkan kulit. Penggunaannya pun cukup mudah. Anda hanya perlu mengoleskan bahan alami tersebut sebagai masker wajah.

Diamkan selama beberapa menit agar bahan-bahan tersebut terserap dengan baik ke kulit, kemudian bilas sampai bersih dan keringkan.

Populer video

Berita lainnya