Begini Cara Mengembangkan Sikap Optimisme

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Bekerja Sesuai Passion
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Tidak semua orang mengetahui cara yang tepat untuk mengembangkan sikap optimisme. Padahal, memiliki pikiran optimis mendatangkan segudang manfaat. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang optimis memengaruhi kesehatan dan gaya hidupnya.

Mereka cenderung lebih bahagia, punya pencapaian yang lebih besar, kesehatan fisik dan mental lebih baik sampai umur yang lebih panjang. Melansir laman halodoc, simak cara mengembangkan sikap optimis berikut ini.

Berteman dengan mereka yang punya sifat optimis

Lingkungan dapat memengaruhi sifat dan karakter seseorang. Menurut ahli, orang yang pesimis bisa melemahkan, sedangkan orang yang optimis justru bisa menjadi memberikan inspirasi. Oleh sebab itu, carilah teman yang punya sifat optimis saat di sekolah maupun di tempat kerja.

Selalu membuat tujuan

Buatlah goals atau tujuan dalam setiap tindakan. Tak perlu muluk-muluk, buatlah tujuan yang mudah dan realistis. Ketika memiliki tujuan, akan ada rasa yang mengunggah untuk mencapai goals tersebut.

Ubah kebiasaan

Ubahlah kebiasaan buruk yang menghambat usaha dan kemajuan. Contohnya kebiasaan menunda pekerjaan, malas, suka meratapi kegagalan, menyepelekan hal-hal tertentu atau kebiasaan lain yang membuat Anda semakin tertinggal dibelakang.

Antisipasi hal buruk

Dalam hidup, Anda tentu pernah menghadapi lingkungan yang asing seperti suasana tempat kerja yang baru. Nah, siapkan diri untuk mencari jalan keluar jauh sebelum hal terburuk terjadi. Setelah itu, sadarilah bahwa Anda bisa menghadapi dan mengatasinya.

Hindari pikiran negatif

Kebiasaan yang satu ini sering membuat seseorang dilanda keresahan. Alih-alih berpikir seperti itu, belajarlah untuk melihat segi positif dari situasi buruk. Jika memang tidak ada, cari pengalaman yang bisa diambil untuk jadi pelajaran dari kegagalan tersebut.

Jangan menerima begitu saja

Jangan hanya diam dan menerima begitu saja saat menerima kegagalan. Lakukan sebaliknya dengan terus berusaha untuk mengubahnya. Lakukan dengan cara-cara yang positif dan tidak merugikan orang lain.

Populer video

Berita lainnya