21 Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami dan Hemat diKantong

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp

Jerawat sudah seperti musuh untuk jutaan umat manusia. Tidak heran, keluhan-keluhan ini bisa bikin enggak nyaman saat beraktivitas. Salah satunya mengganggu penampilan dan rasa gatal di wajah memecah konsentrasi pas kamu lagi sibuk-sibuknya. Bisa menyebabkan mood kamu ancur juga nggak sih? Kalo mood ancur kerjaan fix tertunda-tunda. Nggak kebayang deh, jerawat sekecil itu tapi dampaknya meluber kemana-mana.

Temen-temen tau nggak sih kalo jerawat punya jenis yang beda-beda? Dan tentu aja cara penangannya juga berbeda lo Bestie !

Seperti yang kita tau jerawat ini ada yang kecil-kecil tapi jumlahnya banyak, ada yang besar menyebabkan gatal banget, dan jerawat yang sakit saat disentuh. Menurut Vickie Baker, MD, Dokter kulit asal Pensylvania mengatakan bahwa jenis jerawat punya karakter yang berbeda-beda.

Nah yuk kita pelajari jenis-jenis jerawat di ulasan berikut ini.

Jenis – Jenis Jerawat

Umumnya jerawat terjadi pada sekitar 80% remaja, meski begitu orang dewasa juga tidak akan luput dari masalah kulit ini.

Berikut adalah  beberapa jenis jerawat dan Cara mengatasinya.

1. Conglobata Acne

Conglobata merupakan jenis jerawat yang meradang cukup parah. Pemicunya adalah bisa jadi penggunaan obat-obatan tertentu dan penggunaan bahan kimia Androgen.

2. Papula

Papula adalah komedo yang terlambat ditangani. Maka apabila temen-temen yang punya komedo cuss langsung dibasmi ya sebelum jadi jerawat Papula. Jerawat ini berwarna kemerahan dan tidak sakit saat disentuh. Biasanya kita kalo punya jerawat ini suka gemes pengen mencet-mencet ngga sih bestie?? Padahal memencet jerawat bisa menyebabkan terjadinya luka kemudian membekas di wajah dan memperluas penyebarannya. 

Nggak mau kan Bestiee??

3. Komedo putih

Jerawat ini terjadi dikulit bagian luar. Tak heran kalau warnanya nampak samar dan cenderung putih. 

4. Jerawat Hormonal

Jenis jerawat ini diakibatkan oleh minyak berlebih yang dihasilkan dari hormone tubuh yang tidak seimbang. Selain itu siklus menstruasi bulanan Wanita juga terkadang menimbulkan jerawat hormonal ini.

5. Jerawat batu (Cystic)

Jenis jerawat ini diakibatkan oleh minyak berlebih yang dihasilkan dari hormone tubuh yang tidak seimbang. Selain itu siklus menstruasi bulanan Wanita juga terkadang menimbulkan jerawat hormonal ini. 

6. Jerawat Mechanica

Sering disebut juga dengan bruntusan. Maka dari itu harus rajin-rajin cuci muka dan apabila jerawat ini memburuk segera hubungi dokter untuk penanganan lebih lanjut. 

Pengobatan Jerawat

 Pengobatan jerawat banyak macamnya, baik yang obat dan yang non obat atau alami. Pdengobatannya diperlukan waktu berbulan-bulan tergantung seberapa parah jerawat mu.

                                                           Pemberian obat-obatan

Obat yang digunakan untuk mengatasi jerawat tergantung pada jenis jerawat dan kondisi pasien. Jenis obat yang digunakan antara lain:

Perlu diingat juga ya bestie penggunaan obat-obatan harus sesuai dengan petunjuk dokter. Selain obat-obatan support juga dengan beberapa cara alami yang bisa kamu bikin sendiri dirumah. Bahan-bahannya pun mudah didapatkan di sekitar kita. Cara alami ini terasa alami dan mengandung manfaat dari alam. Tentunya apabila rutin digunakan maka wajah kamu makin glowing nih bestie! 

Nah yuk simak berikut ini 22 cara alami dan hemat dikantong merawat kulit wajah agar kulit tidak mudah berjerawat : 

1. Oat Meal

Tidak hanya dianggap sebagai makanan diet sehat, oatmeal juga memiliki sifat antiimflamasi yang baik digunakam sebagai obat jerawat alami.
Cara membuat : campurkan 2 sendok oatmeal, 1 sendok teh baking soda, dan air, lalu aduk hingga merata. Aplikasikan masker oatmeal keseluruh wajah. Diamkan 10-15 menit dan bilas dengan air bersih.
Harga oatmeal : 19.000 – 30.000
Harga baking soda : 10.000

2. Kulit Jeruk

 hanya Jarang orang mengetahui khasiat kulit jeruk yang ternyata mengandung vitamin A & C dan Flavonoid yang dipercaya bisa menjadi obat jerawat alami.

Caranya : Jemur sedikit air dan oleskan bubuk kulit jeruk ke wajah seperti masker. Setelah itu, diamkan selama 15-20 menit dan bilas dengan air bersih.

Harga Jeruk : 19.000 – 24.000/Kg

3. Teh Hijau

Teh Hijau diketahui sangat manjur untuk kesehatan, salah satunya jerawat. Memiliki kandungan flavonoid dan tannin yang mampu melawan peradangan, mengurangi sebum dan menghambat bakteri penyebab jerawat.

Caranya : seduh Teh hijau dengan air mendidih selama 3-4 menit dan diamkan hingga dingin. setelah itu, tuangkan air Teh Hijau menggunakan kapas dan oleskan ke kulit wajah.

Harga Teh Hijau : 10.000 – 25.000

 4. Bawang Putih

Memiliki kandungan Zat sulfur yang bisa meredakan peradangan akibat jerawat di wajah. Cara membuat : potong 1 siung bawang putih menjadi beberapa bagian dan tempelkan pada jerawat maupun bekas jerawat. Gunakan selama 5 menit lalu bilas dengan air bersih.

Harga bawang putih : 32.000 / Kg

5. Tea Tree Oil

Tea tree oil cukup popular untuk mengobati jerawat. Hal ini karena sifat anti inflamasi dan anti mikroba yang mampu menenangkan peradangan jerawat di wajah.

Cara membuat : Campurkan tea tree oil ke pelembab yang digunakan atau oleskan langsung menggunakan kapas.

Harga tea tee oil : 19.000 – 39.000 

6. Madu

Madu banyak dicari selain untuk diminum bisa juga untuk perawatan kulit, baik itu mengatasi jerawat meradang dan juga membuat kulit wajah jadi halus. Madu juga bisa ditambahkan dengan kayu manis untuk dijadikan sebagai masker, gunanya untuk melawan bakteri jahat di wajah.

Cara membuat : campurkan 2 sendok makan madu dan 1 sendok kayu manis untuk membuat pasta. Oleskan ke seluruh wajah dan diamkan selama 10-15 menit.

Harga Madu : 26.000 – 150.000

7. Lidah Buaya

Obat jerawat alami berikutnya adalah lidah buaya. Memiliki kandungan polifenol didalam lidah buaya mampu membersihkan jerawat secara menyeluruh apabila digunakan secara teratur.

Cara membuat :

ambil gel lidah buaya dan gunakan sebagai masker. Diamkan selama 20-30 menit, lalu bilas dengan air bersih 

Harga lidah buaya : 8.000 – 12.000

8. Mentimun 

Mentimun memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi dengan vitamin, serta asam amino yang di klaim mampu mengatasi jerawat yang meradang diwajah. 

Cara membuat : potong melingkar mentimun dan tempelkan di pipi atau jidat secara teratur. Diamkan 10-15 menit. Bilas dengan air bersih. 

Harga Mentimun : 10.000/Kg 

9. Putih Telur

Putih telur ternyata berguna juga untuk obat jerawat alami loh. Putih telur memiliki kandungan enzim lisozim yang mampu menghilangkan jerawat secara cepat.

Cara membuat : pisahkan putih telur dari kuningnya lalu tambahkan air perasan lemon. Oleskan ke seluruh wajah dan diamkan selama 15-20 menit. Bilas dengan air bersih.

Harga telur : 30.000/Kg

10. Cuka Apel

Selain bagus untuk kesehatan cuka apel ini mampu membunuh bakteri penyebab jerawat karena kandungan antiseptiknya. Gunakan secara teratur.

Cara membuat : gunakan kapas dan tuangkan cuka apel. Tepuk- Tepuk diwajah secara merata. Diamkan selama 2-5 menit dan bilas dengan bersih. Sebaiknya cuka apel tidak digunakan secara berlebihan dan lebih dari 5 menit karena dapat menyebabkan iritasi.

Harga cuka apel : 25.000 – 150.000

11. Alpukat 

Alpukat tidak hanya enak untuk dimakan namun manfaatnya juga terkenal sangat ampuh untuk meredakan jerawat karena kandungan vitamin E nya.

Cara membuat : haluskan daging alpukat seperti masker dan tambahkan 1 sendok madu. Oleskan campuran tersebut ke wajah secara merata. Diamkan 20-30 menit dan bilas dengan air bersih.

Harga alpukat : 25.000 – 42.000/Kg

12. Tomat 

Obat Jerawat alami berikutnya adalah tomat. Tomat memiliki kandungan vitamin A dan C yang membantu menghilangkan jerawat.

Cara membuat : 

ambil 1 buah tomat dan potong menjadi dua bagian. Setelah itu, oleskan tomat ke seluruh wajah dan diamkan 20-30 menit. Bilas dengan air bersih.

Harga tomat :

Mulai dari 12.000

13. Es batu

Es batu diklaim sebagai salah satu obat jerawat alami yang ampuh mengurangi pearadangan pada kulit akibat jerawat.

Caranya : ambil es batu kemudian oleskan pada wajah yang berjerawat beberapa kali.

Harga es batu : mulai dari 1000

14. Pepaya

kandungan enzim papain  pada papaya ampuh mengangkat sel kulit mati yang menyebabkan jerawat.

Cara membuat : haluskan pepaya hingga seperti masker, oleskan merata pada wajah, dan diamkan 15-20 menit lalu bilas hingga bersih.

Harga Pepaya : 8.000- 12.000

15. Air Lemon 

Air lemon memiliki kandungan asam askorbat yang manjur untuk menghilangkan jerawat beserta bekasnya. 

Cara membuat : peras 1 buah lemon dan olesakn airnya ke permukaan wajah yang berjerawat. Tunggu selama 10-15  menit dan bilas hingga bersih.

Harga air lemon : 4.000 – 6.000/ Buah

16. Uap Panas

Uap dapat membantu mengatasi jerawat karena membantu membuka pori-pori dan mencegah tersumbat. Selain itu Uap juga  dapat melembabkan dan mendetoksifikasi kulit.

Cara membuat : rebus air dalam panci kecil dan tuangkan ke dalam mangkuk. Tambahkan essential oil atau herbal ke dalam air. Gantungkan handuk diatas kepala arahkan kepala diatas air selama sekitar 10 menit.

17. Berolahraga Secara Teratur

Olahraga dapat meningkatkan sirkulasi darah yang sehat. Peningkatan aliran darah ini dapat membantu mencegah dan menyembuhkan jerawat. Olahraga juga berperan dalam pengaturan hormone.

Dianjurkan agar orang dewasa yang sehat berolahraga selama 30 menit 3-5 kali per minggu.

18. Diet rendah glikemik

Indeks glikemik makanan adalah ukuran seberapa cepat makanan itu dapat meningkatkan gula darah. Makan makanan yang tinggi glikemik menyebabkan lonjakan insuln yang diperkirakan meningkatkan produksi sebum.

Karena itu, makanan dengan indeks glikemik tinggi diyakini dapat menimbulkan jerawat. Maka dari itu, hindari makanan yang memiliki indeks glikemik tinggi seperti, rotu, minuman ringan bergula, donat, permen dan  makanan olahan lainnya. 

19. Kurangi atau hindari stress

Hormone yang dilepaskan selama periode stress dapat meningkatkan produksi sebum dan peradangan kulit, membuat jerawat makin parah.

Cara mengurangi stress : tidur dengan nyenyak, terlibat dalam beraktivitas fisik, berlatih yoga, sering ambil napas dalam. 

20.  Cuci wajah secara rutin

Mencuci wajah secara rutin dapat berdampak pada pengurangan jerawat. Selalu biasakan setiap hari untuk mencuci wajah minimal 2X menggunakan sabun pembersih wajah.

21.  Konsumsi lemak omega 3

Salmon, sarden, teri, kenari dan biji chia merupakan beberapa contoh makanan tinggi omega 3. Terbukti bahwa Omega 3 juga bermanfaat  untuk Kesehatan kulit.

22. Konsumsi makanan sumber seng

Zinc merupakan nutrisi penting yang diperlukan tubuh untuk pertumbuhan sel, produksi hormone, metabolisme dan kekebalan tubuh. Dengan mengkonsumsi sumber seng tubuh kita memiliki hormone yang seimbang sehingga terhindar dari jerawat. 

Nah itu dia cara merawat kulit kamu secara alami agar tetap terhidrasi, sehat dan bebas jerawat. 

Populer video

Berita lainnya