Atasi Insomnia? Konsumsi Makanan dan Minuman Ini

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Jenis Insomnia
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Banyak orang yang memiliki masalah susah tidur atau insomnia. Kondisi tersebut tentunya akan membuat tubuh menjadi lemas, sulit berkonsentrasi, bahkan berdampak buruk bagi kesehatan. Bahkan, beberapa dampak yang sering terjadi akibat insomnia termasuk menjadi cepat marah, sering cemas berlebihan, obesitas, bahkan memicu munculnya masalah penuaan dini.

Idelanya orang dewasa butuh tidur selama 7 sampai 9 jam setiap harinya. Jika sering merasa sulit tidur atau tidur kurang, maka kesehatan mental dan fisik bisa terganggu. Agar hal tersebut tidak terjadi, Anda bisa mengatasinya dengan mengonsumsi beberapa jenis makanan dan minuman. Melansir laman halodoc, berikut ulasannya.

Oatmeal atau Nasi

Oatmeal maupun nasi menjadi makanan sumber karbohidrat yang bisa kamu konsumsi sebelum tidur. Sebab, asupan karbohidrat menjelang tidur akan membantu memicu munculnya rasa kantuk dan meningkatkan durasi tidur. Namun tetap harus diperhatikan asupan dan waktu makan. Sebab, nasi bisa mengakibatkan peningkatan gula darah secara signifikan.

Teh Chamomile

Konsumsi teh herbal seperti teh chamomile juga bisa membantu mengatasi insomnia. Sebab, teh ini memiliki kandungan flavon, sejenis antioksidan yang membantu mengatasi peradangan pemicu sulit tidur. Selain itu, teh chamomile juga mengandung antioksidan apigenin. Senyawa ini dapat berikatan dengan reseptor yang terdapat pada sel otak sehingga memicu rasa kantuk.

Susu Hangat dan Madu

Mengonsumsi susu hangat di malam hari mampu membantu kamu untuk tidur nyenyak. Sebab, di dalam segelas susu mengandung tryptophan dan asam amino. Tidak hanya susu, madu juga baik untuk diminum sebelum tidur.

Kacang-Kacangan

Salah satu jenis kacang yang baik untuk mengatasi insomnia adalah kacang almond. Kandungan magnesiumnya yang tinggi dan triptofan di dalamnya dapat membantu mengurangi fungsi saraf dan otak. Kacang almond juga dapat menstabilkan irama jantung sehingga membuat kamu cepat mengantuk.

Ikan

Ikan menjadi bahan makanan dengan kandungan protein yang tinggi. Namun, makanan satu ini juga mengandung vitamin B6 yang baik untuk mengatasi sulit tidur. Vitamin B6 sendiri bekerja aktif dengan membantu produksi melatonin yang bekerja sama dengan serotonin, untuk memastikan siklus tidur tetap seimbang.

Populer video

Berita lainnya