6 Manfaat yang Didapat dengan Mengonsumsi Kunyit

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Kunyit mengandung senyawa kurkumin, yakni zat antioksidan dan antiradang yang baik untuk kesehatan. Bukan hanya untuk kesehatan, nyatanya kunyit juga memiliki khasiat dalam perawatan kecantikan. Tak jarang banyak produk kecantikan yang memasukkan kunyit sebagai salah satu kandungannya.

Banyak manfaat yang didapat dengan mengonsumsi kunyit. Bahkan para ahli mengungkapkan bahwa kunyit menjadi tambahan makanan yang sehat untuk diet, sebagaimana dilansir dari laman The Healthy.

Kunyit dapat meningkatkan penurunan berat badan

Menurut ahli gizi Patricia Bannan, Meningkatkan asupan kunyit saja bukanlah strategi yang bagus untuk menurunkan berat badan. Ini dapat membantu anda mengurangi peradangan yang terkait dengan obesitas, dan memberi anda peningkatan dalam pembakaran lemak.

Membantu penderita radang sendi

Kurkumin adalah polifenol, senyawa antioksidan, yang berkontribusi pada sifat anti-inflamasi kunyit. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kurkumin memiliki kemampuan untuk mengurangi rasa sakit, kekakuan, dan pembengkakan pada persendian yang terkena radang sendi.

Namun ahli diet Jonathan Valdez mengatakan, mengonsumsi lebih dari 500 mg kurkumin dapat menghambat penyerapan zat besi, yang sangat penting untuk produksi sel darah merah pembawa oksigen. Valdez juga memperingatkan bahwa anda harus mengonsumsi kurkumin dengan lada hitam. Jika tidak, tubuh anda akan kesulitan menyerap zat tersebut.

Membantu meningkatkan mood

Kurkumin dapat membantu melawan peradangan dalam tubuh, yang mungkin berperan dalam depresi. Bannan mengatakan bahwa sebagian besar penelitian yang tersedia menunjukkan kurkumin dapat membantu mengurangi gejala depresi pada mereka yang sudah menggunakan antidepresan.

Mengatasi gula darah terlalu tinggi

Sebua penelitian tentang kurkumin menunjukkan bahwa kurkumin dapat bekerja sebagai agen hipoglikemik yang bermanfaat untuk menurunkan dan membantu mengontrol kadar glukosa darah (gula darah) pada penderita diabetes tipe 2. Kontrol gula darah yang baik dapat membantu mencegah komplikasi kesehatan serius terkait dengan diabetes, seperti neuropati (kerusakan sistem saraf) dan nefropati (penyakit ginjal).

Kunyit mungkin memiliki sifat anti kanker

Kurkumin dianggap memiliki sifat antioksidan, yang berarti dapat mengurangi pembengkakan dan peradangan. Namun hingga kini, klaim tersebut masih diselidiki dalam sejumlah uji klinis, tentang potensi kurkumin sebagai antikanker karena mengganggu jalur sel di sel kanker.

Menurunkan risiko penyakit kardiovaskular

Penyakit kardiovaskular adalah pembunuh utama di seluruh dunia, menurut Organisasi Kesehatan Dunia. Meskipun banyak faktor yang berkontribusi terhadap stroke dan penyakit jantung, salah satu masalah yang paling menonjol adalah peradangan. Sebuah studi menunjukkan bahwa kurkumin baik untuk mencegah atau mengobati penyakit kardiovaskular. Penelitian lain menunjukkan bahwa tindakan anti-inflamasi kunyit dapat membantu mencegah penyakit arteri.

Populer video

Berita lainnya