Ini Alasan Pentingnya Menjaga Work Life Balance untuk Kesehatan Mental

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Stres Bekerja
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Work life balance merupakan kondisi yang menggambarkan kemampuan seseorang untuk menyelesaikan tanggung jawab yang berkaitan dengan pekerjaan kantor maupun yang diluar pekerjaan kantor secara seimbang.

Hal ini menjadi penting untuk dipehartikan untuk menjaga kondisi kesehatan, baik secara fisik maupun mental. Apalagi, kesulitan menjaga keseimbangan antara kedua tanggung jawab tersebut dapat menyebabkan berbagai efek negatif. Melansir laman halodoc, ini alasan pentingnya work life balance bagi kesehatan mental.

Mengurangi Stres

Memiliki work life balance yang baik dalam hidup bisa membantu mengurangi risiko stres. Karenanya, buatlah jadwal pekerjaan yang akan dilakukan setiap harinya. Anda bisa menentukan pekerjaan prioritas yang perlu dikerjakan terlebih dahulu. Selain itu jangan ragu berkonsultasi dengan rekan kerja jika merasa pekerjaan yang dilakukan sudah terlalu banyak atau berlebihan.

Meningkatkan Kualitas Hubungan dengan Lingkungan

Bekerja secara maksimal bukan berarti Anda bekerja dalam waktu yang cukup lama sehingga tidak memiliki waktu untuk keluarga, kerabat, hingga lingkungan. Sebaiknya pastikan Anda bisa membagi waktu dengan baik agar kualitas hubungan kamu dan keluarga semakin meningkat.

Mencegah Burn Out

Terlalu banyak pekerjaan dan tidak memiliki prioritas berisiko mengalami burn out. Ini merupakan kondisi yang terjadi ketika Anda mengalami stres yang cukup parah akibat pekerjaan. Selain stres, kondisi burn out bisa membuat Anda tidak menyukai pekerjaan yang dilakukan sehingga bisa menurunkan kualitas pekerjaan.

Meningkatkan Kreativitas

Saat memiliki work life balance yang baik, hal ini justru akan meningkatkan kualitas kerja. Bahkan, Anda akan menjadi lebih kreatif saat bekerja.

Menjaga Kesehatan Fisik Tetap Optimal

Work life balance yang bisa dilakukan dengan baik dapat membantu menjaga kesehatan fisik. Dengan bekerja sepanjang hari, Anda akan mengalami penurunan kesempatan bergerak dan kurang paparan sinar matahari. Apabila memiliki work life balance yang baik, Anda masih memiliki kesempatan untuk berolahraga, melakukan aktivitas fisik, hingga bertemu dengan kerabat dekat.

Populer video

Berita lainnya