Ketahui Risiko Menjalani FWB bagi Kesehatan Seksual

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Ilustrasi Rebound Relationship
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Friends with benefits atau FWB adalah istilah yang digunakan oleh wanita dan pria yang mempunyai hubungan tanpa komitmen tetapi memiliki keintiman secara fisik dan seksual. Bahkan, hubungan ini tidak melibatkan perasaan dan ikatan emosi antar pasangan.

Istilah FWB memang baru muncul belakangan ini. Mungkin dulu kita mengenalnya dengan sebutan teman tapi mesra. Padahal, kerap berganti pasangan seksual memicu berbagai dampak buruk yang bisa terjadi pada kesehatan seksual. Melansir laman halodoc, berikut risiko yang bisa dialami akibat terlalu sering berganti pasangan ketika menjalani hubungan FWB.

Menurunnya Gairah Seksual

Menjalani hubungan secara fisik dan intim memicu munculnya ikatan emosional. Namun, jika salah satu pasangan merasakan perasaan yang tidak terbalas, kondisi ini bisa menyebabkan stres atau gangguan cemas yang dapat menurunkan gairah seksual.

Mengalami Penyakit Menular Seksual

Selain mengalami penurunan gairah seksual, hubungan ini sangat berisiko menyebabkan penyakit menular seksual. Sering berganti pasangan saat melakukan hubungan intim menjadi penyebab utama dari penyakit menular seksual. Ada berbagai penyakit menular seksual yang berisiko dialami, seperti:

  • Sifilis: Penyakit ini terjadi akibat adanya infeksi bakteri Treponema pallidum. Gejala awal dari sifilis adalah munculnya luka pada area kelamin, mulut, hingga dubur. Penyebaran bisa terjadi ketika seseorang melakukan kontak dengan luka yang terbuka.
  • Gonore: Penyakit ini disebabkan oleh infeksi bakteri Neisseria gonorrhoeae dan menyebar melalui hubungan seksual, baik secara oral, anal, maupun melalui vagina. Gonore dapat menyebabkan pengidapnya mengalami nyeri saat buang air kecil. Pada pria, penyakit ini bisa menyebabkan nyeri pada testis, sedangkan pada wanita, penyakit ini bisa memicu perdarahan diluar menstruasi.
  • Herpes Kelamin: Penyakit ini disebabkan oleh virus herpes simplex. Penularannya bisa terjadi akibat hubungan intim. Ada beberapa gejala terkait penyakit ini, seperti luka terbuka pada area mulut dan kelamin, demam, dan nyeri saat buang air kecil.
  • HIV: Penyakit ini terjadi akibat virus yang ditularkan melalui cairan tubuh, seperti sperma, darah, atau cairan vagina masuk ke dalam tubuh orang lain. Proses ini bisa terjadi ketika melakukan hubungan intim dan menggunakan jarum suntik bersama dengan orang lain.

Kehamilan yang Tidak Direncanakan

Selain memicu penularan penyakit seksual, FWB juga bisa menyebabkan kehamilan yang tidak direncanakan. Pasalnya, kedua belah pihak biasanya hanya mengejar kepuasan belaka dan tidak mengindahkan konsekuensi akibat hubungan intim yang dilakukan. Akibatnya mereka lupa menggunakan kondom atau alat kontrasepsi lainnya.

Populer video

Berita lainnya