Ketahui Penyakit yang Ada pada Toilet Umum

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Toilet
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Toilet umum menyimpan banyak kuman, seperti pada dudukan toilet, lantai, wastafel. Karenanya, menggunakan toilet umum saat sedang traveling mungkin membuat Anda resah. Karena, sebersih apapun, banyak orang yang menggunakannya, sehingga Anda bisa tertular penyakit yang ada di toilet umum dari orang lain. Nah, melansir laman halodoc, berikut ini beberapa penyakit yang mungkin ada di toilet umum.

Infeksi Usus

Bakteri yang ditularkan melalui feses seperti E. coli, Streptococcus, Staphylococcus dan Shigella adalah yang paling banyak ditemukan di toilet umum. Kontaminasi permukaan oleh kotoran orang yang terinfeksi dapat menularkan infeksi. Beberapa strain bakteri E. coli dapat menyebabkan diare berdarah dan kram perut. Sementara itu, bakteri Shigella dapat menyebabkan diare parah, kram perut dan disentri, dan lain-lain.

Infeksi Paru-Paru dan Kulit

Bakteri Streptococcus dapat menyebabkan infeksi tenggorokan dan kulit yang menular. Sementara bakteri Staphylococcus dapat menyebabkan infeksi kulit, pneumonia, keracunan makanan, dan lain-lain. Kedua bakteri tersebut dapat berada di permukaan toilet untuk waktu yang lama, sehingga meningkatkan kemungkinan penularan penyakit.

Infeksi Virus

Kemungkinan penyakit lain yang juga ada di toilet umum adalah infeksi virus. Meski virus flu biasanya bertahan untuk waktu yang relatif singkat, beberapa virus seperti influenza, norovirus, dan lain-lain, dapat hidup selama berhari-hari di permukaan toilet.

Hepatitis A

Virus hepatitis A bisa menular dari sisa kotoran yang menempel di dudukan toilet, jika tidak sengaja masuk ke tubuh. Misalnya karena tidak mencuci tangan setelah dari toilet.

Populer video

Berita lainnya