Tips Mengatur Waktu Agar Hidup Lebih Teratur

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Mengatur Waktu
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Mengatur waktu sangat penting diterapkan dengan baik agar hidup lebih teratur, dan terhindar dari stres berlebihan. Saat hidup lebih teratur, kesehatan mental pun umumnya lebih terjaga. Apalagi, jika kita mengalokasikan waktu khusus me time. Melansir laman sehatQ, berikut ini tips mengatur waktu yang bisa Anda coba.

Ketahui keinginan

Sebelum mengatur waktu, coba ketahui apa yang Anda ingin capai. Setelah mengetahui gambaran besarnya, cobalah untuk menyusun beberapa tujuan jangka pendek dan menengah. Tetapkan action plan yang bisa Anda lakukan ke dalam poin-poin.

Tentukan prioritas

Setelah menetapkan action plan langkah selanjutnya adalah menentukan mana yang sebaiknya didahulukan. Setiap harinya mungkin Anda mempunyai tugas atau aktivitas berbeda. Itu sebabnya, agar bisa selesai dengan baik, cara mengatur waktu yang benar adalah dengan membuat skala prioritas. Dengan demikian, Anda tahu mana yang lebih penting sehingga tidak ada yang terbengkalai.

Tetapkan tenggat waktu

Menetapkan tenggat waktu atau deadline menjadi salah satu cara penting dalam mengatur waktu. Alasannya, agar Anda bisa memilah mana pekerjaan yang perlu diselesaikan terlebih dahulu dan mana yang bisa dilakukan nanti. Selain itu, deadline juga berfungsi untuk membuat Anda lebih terpacu mencapai tujuan.

Hindari multitasking

Mungkin seorang multitasker merasa bangga kalau bisa menyelesaikan beberapa pekerjaan dalam satu waktu. Namun, tidak semua orang dapat melakukannya. Dan bila dilakukan oleh orang yang tak terbiasa, multitasking bukan cara tepat untuk mengatur waktu yang efektif dan efisien. Sebaiknya, kerjakan tugas atau aktivitas Anda satu persatu agar lebih fokus dan konsentrasi.

Minta bantuan orang lain

Tak semua pekerjaan perlu Anda lakukan sendiri. Kalau merasa tidak mampu, karena masih ada daftar prioritas serta tenggat waktu, mintalah bantuan orang lain. Anda bisa mendelegasikan beberapa pekerjaan kepada bawahan atau rekan satu tim. Temukan orang yang berkompeten, dapat diandalkan, dan juga bertanggung jawab terhadap pekerjaan.

Gunakan waktu istirahat

Sebagian besar orang merasa mempunyai banyak pekerjaan dan tugas, sehingga tidak sempat istirahat. Padahal, Anda perlu menggunakan waktu senggang agar seimbang. Menggunakan waktu istirahat untuk bekerja bukanlah cara mengatur waktu yang tepat. Cara ini justru bisa menjadi penyebab peningkatan stres dan kelelahan (burnout).

Berikan perhatian pada diri sendiri

Setelah berhasil melakukan cara mengatur waktu yang berujung pada pencapaian, berikan hadiah untuk diri sendiri sesuai dengan keinginan Anda. Tujuannya adalah untuk menghargai apa yang sudah Anda jalani. Ketika Anda sudah menikmati aktivitas harian, jangan lakukan secara berlebihan agar Anda bisa terus melakukan aktivitas sesuai dengan tujuan.

Populer video

Berita lainnya