Ketahui Gaya Hidup yang Bikin Kolesterol Tinggi

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Ilustrasi Gaya Hidup
Foto: Istimewa

Celebrihtink.com – Sebagian besar orang mungkin tak sadar akan bahanya kolesterol tinggi. Padahal, kolesterol tinggi dapat memicu berbagai masalah kesehatan serius. Sebab, menumpuknya lemak dalam pembuluh darah dapat memicu hipertensi yang kemudian berujung pada penyakit serius, seperti serangan jantung, stroke sampai gagal jantung.

Pada dasarnya, tubuh membutuhkan kolesterol untuk membangun sel-sel yang sehat. Itu sebabnya, jumlah kolesterol tidak boleh berlebihan agar proses tersebut tetap lancar. Melansir laman halodoc, berikut beberapa cara untuk menjaga kadar kolesterol tetap seimbang dengan menghindari gaya hidup berikut ini:

Mengonsumsi makanan tinggi lemak

Terlalu banyak asupan lemak jenuh atau lemak trans dapat memicu penumpukan kadar kolesterol jahat. Lemak jenuh sering ditemukan dalam potongan daging berlemak dan produk susu full cream. Sedangkan, lemak trans sering ditemukan dalam makanan ringan kemasan atau makanan penutup.

Merokok

Merokok dapat menurunkan kadar kolesterol baik (HDL) dalam darah. Padahal, kolesterol baik punya peranan penting dalam mencegah terjadinya ateroma atau penyempitan pembuluh darah akibat lemak.

Kurang olahraga

Olahraga membantu meningkatkan HDL tubuh. Kurang olahraga membuat lemak tidak terbakar dan semakin menumpuk di pembuluh darah. Penumpukan ini lama kelamaan memicu kolesterol tinggi.

Konsumsi alkohol

Mengonsumsi terlalu banyak alkohol dapat meningkatkan tingkat kolesterol dalam darah. Terlalu banyak atau terlalu sering konsumsi alkohol mampu menghasilkan kelebihan kalori dan penambahan berat badan.

Populer video

Berita lainnya