Simak Manfaat Teh Hijau untuk Kesehatan

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Manfaat Teh Hijau untuk R
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – sejak ribuan tahun lalu teh hijau digunakan dalam pengobatan Tiongkok, karena pelbagai manfaat yang dimilikinya untuk kesehatan. ya, teh yang berasal dari daun camellia sinensis memiliki kandungan antioksidan, antiradang, dan antikanker. Tentu jika rajin mengonsumsinya terdapat beberapa manfaat yang didapatkan oleh tubuh. Melansir laman halodoc, ini manfaat teh hijau jika dikonsumsi secara rutin.

Meningkatkan fungsi otak

Teh hijau mengandung kafein sebagai bahan aktif utama. Melansir jurnal The impact of caffeine on mood, cognitive function, performance and hydration: a review of benefits and risks, kafein meningkatkan berbagai aspek fungsi otak termasuk suasana hati, kewaspadaan, dan daya ingat.

Meningkatkan pembakaran lemak

Teh hijau dapat meningkatkan pembakaran lemak dan laju metabolisme tubuh. Penelitian dalam jurnal Obesity and thermogenesis related to the consumption of caffeine, ephedrine, capsaicin, and green tea, menyatakan, mengonsumsi ekstrak teh hijau dapat meningkatkan jumlah pembakaran kalori sebanyak 4 persen.

Menurunkan risiko beberapa jenis kanker

Antioksidan dalam teh hijau dapat membantu melindungi tubuh dari kerusakan oksidatif akibat kanker. Senyawa yang barusan disebut dapat menurunkan risiko beberapa jenis kanker seperti:

  • Kanker payudara. Rutin mengonsumsi teh hijau menurunkan risiko kanker payudara sebanyak 20-30 persen.
  • Kanker prostat. Rutin mengonsumsi teh hijau menurunkan risiko kanker prostat stadium lanjut.
  • Kanker kolorektal. Rutin mengonsumsi teh hijau menurunkan risiko kanker kolorektal sebanyak 42 persen.
  • Agar hasilnya efektif, tidak disarankan untuk menambahkan susu ke dalam teh. Jurnal Addition of whole, semiskimmed, and skimmed bovine milk reduces the total antioxidant capacity of black tea menyebutkan, menambahkan susu dapat mengurangi nilai antioksidan dalam teh hijau.

Mengurangi bau mulut

Katekin dalam teh hijau dapat mengurangi bau mulut. Katekin bertugas menekan pertumbuhan bakteri Streptococcus mutans, yang membentuk plak dan menjadi penyebab utama kerusakan gigi.

Mencegah diabetes tipe 2

Studi dalam jurnal Effect of green tea on glucose control and insulin sensitivity: a meta-analysis of 17 randomized controlled trials menunjukkan teh hijau dapat meningkatkan sensitivitas insulin dan mengurangi kadar gula darah. Ini dapat membantu mencegah diabetes tipe 2 pada orang yang berisiko.

Mencegah penyakit kardiovaskular

Teh hijau meningkatkan kandungan antioksidan dalam darah sehingga dapat mencegah proses oksidasi pada LDL (kolesterol jahat). Proses ini menjadi salah satu faktor utama penyebab penyakit jantung.

Populer video

Berita lainnya