Tips Mengatasi Mata Buram Akibat Kelamaan Main Handphone

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Ilustrasi Main Gadget
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Sekarang ini handphone merupakan barang yang tak luput dari kehidupan sehari-hari. Tak heran, banyak yang rela memutar balik saat hendak berpergian, ketika mengetahui handphone mereka tertinggal di rumah. Namun sayang, meski memiliki banyak manfaat bagi penggunanya, penggunaan handphone yang terlalu sering bisa menimbulkan computer vision syndrome (CVS).

Salah satu gejala dari kondisi tersebut yakni mata buram atau penglihatan kabur. Gejala ini biasanya mulai muncul ketika mata mulai terasa lelah dan kering. Saat menatap layar digital, mata harus bisa menyesuaikan dengan tingkat kecerahan layar serta pantulan dan kilatan cahaya dari layar untuk dapat melihat tulisan atau gambar dengan jelas.

Guna mengatasi mata buram karena penggunaan HP, ada sejumlah cara yang dapat dilakukan seperti dilansir dari laman hellosehat.

Istirahatkan mata sejenak

Cara terbaik untuk mengatasi mata lelah adalah dengan mengistirahatkan mata sejenak. Hal ini dapat dilakukan dengan berhenti menggunakan HP untuk beberapa saat. Selain cara tersebut, Anda juga bisa mengalihkan pandangan dari layar handphone selama setidaknya 20 detik setiap 20 menit. Cara tersebut bisa membantu mata untuk kembali melihat secara fokus sehingga mencegah mata menjadi buram.

Kedipkan mata

Saat sedang menatap layar digital, kebanyakan orang cenderung lebih jarang berkedip. Padahal, normalnya seseorang berkedip sebanyak 18 kali per menit. Hal ini akan bertambah buruk jika Anda sedang berada di lingkungan atau suhu ruangan yang kering, misalnya di ruangan ber-AC atau yang memiliki pemanas ruangan. Untuk membuat mata kembali lembap atau basah, Anda bisa mengedipkan mata beberapa kali.

Gunakan obat tetes mata

Ada beberapa jenis obat tetes mata yang bisa digunakan untuk membantu meredakan gejala penglihatan kabur akibat mata terlalu kering. Penggunaan obat tetes mata ini sama dengan cara menggunakan obat tetes mata pada umumnya. Anda bisa memberikan beberapa tetes obat ini pada mata Anda untuk membuatnya kembali lembap.

Perbaiki postur tubuh saat menggunakan HP

Jarak HP dari mata yang disarankan yakni sekitar 50—70 cm. Sementara untuk sudut pandang atau angle saat menatap layar HP sebaiknya berjarak sekitar 10—12 cm di bawah mata.

Hindari pantulan pada layar HP

Sama seperti permukaan kaca pada umumnya, layar HP bisa memantulkan benda atau obyek yang ada di depannya. Hal ini bisa mengganggu penglihatan sehingga mata harus bekerja lebih keras untuk melihat apa yang ada di layar HP. Oleh sebab itu, sebisa mungkin hindari adanya pantulan benda lain pada layar HP saat sedang menggunakannya.

Populer video

Berita lainnya