Manfaat Ikan Tuna bagi Kesehatan yang Sayang Jika Dilewatkan

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Ilustrasi Ikan Tuna
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Ikan tuna merupakan salah satu ikan laut yang memiliki daging bertekstur lembut, dan tergolong sebagai sumber makanan yang kaya akan asam lemak omega-3 dan protein. Selain itu, ikan tuna juga mengandung beragam nutrisi penting yang diperlukan tubuh, seperti vitamin D, kalsium, kalium, kolin, vitamin B, seng, dan fosfor.

Mengingat kayanya nutrisi yang terkandung dalam ikan tuna , tak heran jika ikan ini bisa memberikan beragam manfaat bagi tubuh. Melansir laman alodokter, berikut ini beberapa manfaat ikan tuna bagi tubuh yang bisa Anda dapatkan.

Menjaga kesehatan jantung

Manfaat ikan tuna yang satu ini diperoleh berkat kandungan asam lemak omega-3 yang tinggi di dalamnya. Jenis asam lemak ini diduga dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular, seperti penyakit jantung koroner. Hal ini karena omega-3 dapat mengurangi dan mencegah penumpukan plak kolesterol pada pembuluh darah di seluruh tubuh, termasuk jantung.

Menjaga kesehatan tulang

Manfaat ikan tuna untuk menjaga kesehatan tulang ini berasal dari kandungan kalsium dan vitamin D di dalamnya. Kedua nutrisi tersebut berperan penting dalam menjaga kesehatan dan kekuatan tulang sehingga risiko terkena berbagai penyakit tulang, seperti osteoporosis, pun lebih kecil.

Mencegah anemia

Hal ini berkat kandungan folat, zat besi, dan vitamin B12 di dalamnya yang berperan penting dalam pembentukan sel darah merah atau hemoglobin dalam tubuh.

Mengurangi risiko terjadinya demensia

Selain menyehatkan jantung, asam lemak omega-3 juga bisa mengurangi risiko terjadinya penyakit demensia, yaitu kondisi yang memicu penurunan daya ingat dan cara berpikir. Menurut penelitian, kandungan asam lemak omega-3 berperan penting dalam menjaga fungsi otak serta meningkatkan daya ingat dan konsentrasi.

Membantu penurunan berat badan

Bagi Anda yang sedang menjalani program diet, ikan tuna bisa menjadi salah satu pilihan yang cocok untuk menu diet sehari-hari. Selain rendah kalori, ikan tuna kaya akan protein yang bisa memberikan efek kenyang lebih lama. Namun, Anda juga disarankan untuk tetap berolahraga secara rutin ketika sedang menjalani program diet.

Mencegah kanker

Menurut penelitian, mengonsumsi ikan tuna diduga dapat mencegah penyakit kanker. Hal ini karena kandungan antioksidan dan asam lemak omega-3 di dalamnya, yang diduga dapat mencegah pertumbuhan sel kanker dalam tubuh.

Populer video

Berita lainnya