Jangan Diremehkan! Ini Sederet Manfaat Minum Air Hangat bagi Kesehatan

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Ilustrasi Minum Air Hangat
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Setiap orang perlu memenuhi kebutuhan cairan tubuh setiap harinya. Sebab, hal ini dapat mendukung kesehatan, baik kesehatan pencernaan, kulit, otot, hingga sendi. Meski minum air dengan suhu berapapun tetap mendukung kesehatan, nyatanya minum air hangat juga memiliki manfaat yang beragam.

Nah, untuk mencukupi asupan cairan tubuh, cobalah untuk minum air hangat setiap hari. Apalagi, selama ribuan tahun orang telah mengonsumsi air hangat untuk mendapatkan kebaikannya. Melansir laman klikdokter, berikut ini sederet manfaat minum air hangat untuk kesehatan tubuh.

Memperlancar proses pencernaan

Air dingin diyakini menyebabkan lemak lebih mudah menggumpal dan sulit dicerna, sementara air hangat memiliki fungsi sebaliknya. Peran air hangat ini dapat mempermudah proses pencernaan hingga proses pengeluaran zat sisa (feses). Karena itu, Anda bisa minum air hangat saat perut kosong di pagi hari guna meningkatkan pergerakan usus dan memperlancar buang air besar.

Menangani hidung tersumbat

Minum air hangat saat sedang flu dapat membantu untuk melegakan pernapasan. Hal ini karena air hangat menghasilkan uap yang bisa membantu melonggarkan sinus yang tersumbat. Selain itu, Anda juga dapat mengonsumsi makanan yang hangat seperti sup ayam hangat untuk mengatasi hidung tersumbat.

Membantu menurunkan berat badan

Banyak orang percaya bahwa air hangat berkhasiat untuk tubuh karena dapat mengaktifkan sistem kontrol suhu tubuh. Saat mengonsumsi air hangat, suhu internal tubuh akan menurun dan proses metabolisme diaktifkan. Hal ini diperkuat dengan salah satu hasil studi yang menyatakan bahwa beralih dari air dingin ke air panas dapat membantu orang menurunkan berat badan melalui efek termal ini.

Meredakan iritasi pada tenggorokan

Saat radang tenggorokan, area belakang mulut akan terasa nyeri. Kondisi yang menyebabkan rasa sakit saat menelan ini akan sedikit berkurang dengan minum air hangat. Dengan minum air hangat, maka akan melancarkan aliran darah dan mengurangi pembengkakan.

Baik untuk peredaran darah

Mandi dengan air hangat diketahui dapat meningkatkan sirkulasi darah. Jadi, diharapkan bahwa minum air hangat juga memiliki efek yang sama. Walaupun demikian, masih sedikit penelitian mengenai keefektifannya.

Mengurangi racun dalam tubuh

Minum air hangat meningkatkan suhu internal tubuh dan mengaktifkan sistem endokrin, sehingga tubuh Anda mulai berkeringat. Berkeringat membantu tubuh Anda untuk mengeluarkan racun, selain dikeluarkan melalui urine. Karena itu, tidak heran bila minum air yang cukup dapat meningkatkan kualitas kulit serta membuat wajah tampak lebih sehat.

Mengatasi sembelit

Salah satu manfaat minum air hangat untuk kesehatan adalah dapat meringankan sembelit. Hal ini karena sembelit dapat terjadi akibat kurangnya air di dalam tubuh sehingga tidak ada pergerakan usus. Minum air hangat dapat membantu meningkatkan suhu dan merangsang pergerakan peristaltik usus.

Mendukung kesehatan gigi

Air hangat dianggap lebih baik untuk gigi dan restorasi, serta lebih mudah diserap. Hal ini karena bahan pengisi berwarna putih dapat berkontraksi jika terkena air dingin, sehingga menyebabkan tambalan terlepas dari gigi.

Meredakan nyeri haid

Minum air hangat dapat bermanfaat untuk meredakan nyeri haid, karena panas dari air akan membuat otot lebih rileks. Selain dengan minum air hangat, Anda juga dapat mandi air hangat atau melakukan kompres hangat untuk mengurangi nyeri haid. Kompres hangat ini akan membantu mengendurkan ketegangan serta menenangkan otot perut.

Populer video

Berita lainnya