Tips Mudah Beres-Beres Rumah Saat Stres Melanda

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Beres Beres Rumah Saat Stres Melanda
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Rumah yang bersih dan rapi diyakini membuat penghuninya merasa lebih semangat dan produktif. Itu sebabnya, dianjurkan untuk rutin merapihkan dan menjaga kebersihan rumah. Namun apa jadinya jika mendapati hunian dalam kondisi berantakan, sementara anda sedang dilanda stres?

Jangankan untuk membereskan rumah, anda mungkin tidak ada motivasi dan energi untuk sekadar memindahkan barang yang tidak pada tempatnya. Padahal, rumah yang dibiarkan dalam kondisi berantakan sama buruknya dalam memicu stres. Terlebih membereskan rumah bisa berdampak baik pada kesehatan mental.

Menariknya, sebuah studi menunjukkan bahwa seseorang yang fokus melakukan pekerjaan rumah seperti cuci piring dapat membantu melupakan stresnya untuk sesaat. Nah, dilansir dari laman helloSEHAT, berikut ini tips mudah beres-beres rumah meski stres sedang melanda.

Jangan menunda pekerjaan rumah

Dibandingkan menumpuk pekerjaan rumah, lebih baik mengerjakan pekerjaan-pekerjaan kecil yang bisa langsung diselesaikan tanpa menundanya. Dengan cara ini, anda dapat mencegah rumah terlihat sangat berantakan serta meringankan pekerjaan beres-beres rumah ke depannya.

Menunda beres-beres rumah memang cenderung terjadi saat Anda stres. Akan tetapi, menunda pekerjaan rumah yang ringan-ringan seperti itu justru makin membuat anda kian malas untuk beres-beres rumah. Anda mungkin merasa tidak berenergi saat stres. Namun beres-beres rumah justru membantu meringankan beban dalam diri.

Tetapkan target saat membersihkan rumah

Tidak perlu ngoyo untuk beres-beres seisi rumah sekaligus. Karena hal itu mungkin memberatkan bagi anda saat sedang mengalami stres. Selalu tetapkan target bagian rumah mana saja yang harus anda bersihkan terlebih dahulu dan dikerjakan berikutnya.

Saat sedang stres, pekerjaan yang membutuhkan waktu sedikit dan lebih cepat selesai akan membantu anda meningkatkan suasana hati. Dengan demikian, utamakan pekerjaan yang mudah terlebih dahulu agar membersihkan rumah saat depresi akan terasa jauh lebih ringan.

Tidak harus sempurna

Nikmati proses membersihkan rumah saat stres, dan memaafkan diri jika rumah tidak sebersih yang anda harapkan. Satu hal yang terpenting, anda sudah berusaha membersihkan rumah hari itu. Terkadang, ada pula bagian-bagian rumah yang memang tidak bisa dibersihkan hanya dalam satu hari.

Saat sedang stres, bisa ‘menyicil’ beres-beres rumah saja sudah menjadi hal yang baik. Jadi, tak perlu mengharapkan hasil yang sempurna. Tak usah terlalu dipikirkan apabila tidak berhasil membersihkan isi lemari yang penuh, jika hal itu di luar target anda.

Simpan alat dan bahan pembersih dengan baik

Saat stres melanda, anda tentu kekurangan motivasi untuk bersih-bersih rumah. Hal ini akan semakin parah jika anda tidak bisa menemukan alat dan bahan pembersih dengan mudah. Untuk memudahkan mencarinya, letakkan alat dan bahan pembersih sesuai dengan kegunaannya di satu tempat.

Dengan begitu, beres-beres rumah saat stres akan terasa lebih ringan. Anda juga tidak perlu mendorong diri terlalu keras karena alat dan bahan pembersih sudah ada di depan mata.

Lakukan bersama keluarga

Jika tinggal dengan keluarga, tentu pekerjaan rumah akan semakin banyak. Kabar baiknya, ini menandakan anda tidak sendirian dan bisa mengajak keluarga untuk ikut serta membersihkan rumah. Anda bisa membagi pekerjaan rumah sesuai dengan kemampuan anggota keluarga yang lain.

Selain meringankan beban saat stres, beres-beres rumah bersama-sama juga akan lebih menyenangkan. Anda bisa membuat momen beres-beres rumah untuk menjalin ikatan dan mengasah kerja sama satu sama lain.

Populer video

Berita lainnya