Dilanda Demotivasi? Coba Cara Ini untuk Kembali Bangkit

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Demotivasi
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Apakah akhir-akhir ini anda kurang bersemangat dalam bekerja? Anda seperti kehilangan gairah sehingga enggan memegang pekerjaan yang sudah menjadi tugas anda. Bisa jadi anda sedang mengalami demotivasi.

Demotivasi adalah keadaan ketika anda kehilangan semangat untuk melakukan sesuatu. Kondisi ini menyebabkan segala aktivitas dan pekerjaan yang harusnya dilakukan menjadi terhambat. Dampaknya tentu akan membuat produktivitas dan performa kerja menurun.

Munculnya demotivasi pada setiap orang berbeda-beda, dan biasanya alasan tertentu yang memicunya. Meski begitu, anda tetap bisa mengatasi masalah ini untuk bisa kembali bangkit dan bergairah dalam beraktivitas. Setidaknya ada 4 cara yang bisa anda coba.

Cari tahu penyebabnya

Cara pertama mengatasi demotivasi adalah dengan mencari tahu penyebab anda merasa demotivasi. Apakah karena anda terlalu sering lembur dan beban kerja yang terlalu besar? Atau mungkin anda tidak semangat kerja karena merasa tidak nyaman dengan rekan kerja dan atasan? Coba tanyakan kepada diri sendiri apa yang membuat anda tidak semangat kerja.

Isi ulang energi Anda dengan cara yang tepat

Kurang istirahat atau tidak pernah me-time menjadi salah satu penyebab Anda mengalami demotivasi. Jangan ragu untuk memanjakan dan meluangkan waktu untuk recharge energi setiap harinya selama 30 menit sampai 1 jam. Isi ulang tenaga anda dengan melakukan aktivitas yang disukai. Misalnya berolahraga, menonton film, atau mungkin mengobrol bersama teman atau pasangan.

Cari suasana baru

Menata ulang tempat kerja juga menjadi cara mengatasi demotivasi. Sebab, tata letak ruangan yang baru bisa menciptakan suasana baru. Dampaknya, membuat mood dan semangat kerja menjadi lebih baik.

Tanyakan pada diri sendiri, apa tujuan anda bekerja

Coba ingat-ingat alasan anda bekerja hari ini. Apakah untuk membiayai diri sendiri dan keluarga? Atau karena anda memiliki cita-cita tertentu yang ingin dicapai dari pekerjaan ini? Dengan mengingat kembali tujuan anda bekerja dan perjuangan yang harus dilalui, ini bisa membuat anda kembali semangat bekerja.

Populer video

Berita lainnya