Mengenal Istilah Crab Mentality dan Cara Mengatasinya

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Ilustrasi Merasa Iri
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Dalam dunia pekerjaan, ada saja individu yang merasa iri bila melihat orang lain lebih sukses. Fenomena ini biasanya disebut dengan istilah crab mentality. Istilah ini sendiri sebenarnya populer di Filipina karena masyarakat salah satu negara Asia Tenggara tersebut umumnya memiliki mentalitas ini.

Ada sejumlah tanda yang menunjukkan seseorang selalu iri dengan pencapaian orang lain. Tanda tersebut dapat dilihat dari sikap dan perilaku mereka sehari-hari, seperti:

  • Mempunyai pikiran ‘jika saya tidak bisa mendapatkannya, begitu juga Anda’.
  • Merasa iri dan kesal ketika orang lain berhasil mendapatkan apa yang diinginkan.
  • Menanggapi keberhasilan orang lain dengan memberikan komentar yang bersifat meremehkan.
  • Berpikir bahwa keberhasilan yang didapatkan oleh orang lain tak lepas dari faktor keberuntungan maupun hak istimewa (privilege), bukan atas hasil usahanya sendiri.

Nyatanya, crab mentality dapat dihilangkan. Namun, diperlukan usaha yang keras untuk menghilangkan mentalitas buruk ini. Misalnya dengan belajar dari kegagalan, terus mengasah kemampuan, dan meningkatkan self esteem. Anda juga bisa melakukan beberapa cara untuk meningkatkan self esteem atau harga diri sekaligus mencegah perasaan iri. Melansir laman sehatQ, berikut ulasannya.

Perlakukan diri sendiri secara positif

Perlakukanlah diri sendiri seperti saat Anda memperlakukan orang-orang tersayang. Jangan bersikap dan bertindak terlalu keras terhadap diri Anda sendiri, terutama ketika melakukan kesalahan.

Jangan membandingkan diri sendiri dengan orang lain

Tanamkan dalam diri bahwa setiap orang mempunyai kehidupan yang berbeda. Terlalu sering membandingkan diri sendiri hanya akan memicu perasaan rendah harga diri. Berusahalah untuk menerima diri sendiri beserta kekurangan yang ada.

Akui hal-hal positif

Jangan menganggap raihan atau keberhasilan sebagai suatu keberuntungan. Akui hal-hal positif yang telah berhasil dicapai. Terima juga pujian yang diberikan orang lain pada Anda.

Lupakan kegagalan di masa lalu

Tinggalkan masa lalu Anda dan mulai fokus pada kehidupan sekarang. Mengingat apa yang terjadi di masa lalu hanya akan membuat Anda sedi dan kecewa. Jadikan kegagalan yang dialami sebagai lecutan untuk lebih baik lagi ke depannya.

Konsultasi dengan psikolog atau psikiater

Harga diri rendah memicu kemunculan mentalitas kepiting dalam diri. Jika kesulitan mengatasi hal tersebut, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan psikolog atau psikiater. Penanganan sedini mungkin dapat meminimalkan efek buruk yang mungkin ditimbulkan bagi kehidupan Anda.

Populer video

Berita lainnya