Simak Manfaat Minyak Jarak untuk Kesehatan

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Minyak Jarak
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Minyak jarak dikenal memiliki berbagai khasiat untuk kesehatan. Castor oil alias minyak jarak ini merupakan ekstraksi dari biji tanaman jarak (Ricinus communis). Sejumlah manfaat minyak jarak diduga karena kandungan asam risinoleat di dalamnya. Asam risinoleat merupakan asam lemak yang terbukti memiliki sifat anti-peradangan. Melansir laman klikdokter, yuk telisik lebih jauh khasiat dari minyak jarak.

Mengatasi sembelit

Sembelit atau konstipasi merupakan gangguan pencernaan yang menyebabkan berkurangnya frekuensi buang air besar. Kondisi ini mencetuskan sejumlah gejala, seperti sakit perut, kembung, mual, hingga penurunan nafsu makan.

Sebuah studi menyebutkan, efek minyak jarak dapat menurunkan konsistensi feses dan mengurangi kebutuhan mengejan. Namun untuk membuktikannya, masih dibutuhkan penelitian lanjut untuk mengetahui kesahihannya.

Mendukung tampilan rambut

Berdasarkan sebuah studi yang dimuat Journal of Cosmetic Science, manfaat minyak jarak dapat meningkatkan kilau rambut. Meski demikian, Anda dianjurkan untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum menggunakan minyak jarak untuk rambut.

Pasalnya, menurut penelitian yang dirilis International Journal of Trichology, minyak jarak bisa menimbulkan efek samping berupa acute hair felting. Kondisi langka ini membuat tekstur rambut menjadi kaku dan keras.

Meredakan radang sendi

Sebuah riset yang diterbitkan jurnal Phytotherapy Research mengungkapkan, kebiasaan mengonsumsi suplemen minyak jarak dapat membantu menurunkan gejala osteoarthritis lutut secara signifikan. Osteoarthritis lutut sendiri merupakan radang sendi lutut kronis akibat kerusakan tulang rawan. Kondisi ini menyebabkan sendi-sendi lutut bengkak, nyeri, dan kaku.

Menjaga kesehatan kulit

Minyak jarak umum digunakan untuk melembapkan kulit, mengurangi kerutan, dan menjaga kesehatan kulit. Sayangnya, hingga saat ini belum ada penelitian yang membuktikan khasiat minyak jarak untuk kesehatan kulit. Beberapa orang justru mengalami efek samping minyak jarak berupa ruam kulit.

Populer video

Berita lainnya