Ini Manfaat Bergandengan Tangan dengan Orang Tersayang

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Ilustrasi Bergandengan Tangan
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Meski sekecil apapun, ternyata sentuhan dengan pasangan bisa membawa manfaat bagi kesehatan fisik dan mental. Sentuhan kecil seperti berpegangan tangan, pelukan hingga bermanja, tidak hanya terasa menyenangkan. Efeknya pun bisa melebihi perasaan nyaman. Nah, melansir laman sehatQ, berikut ini manfaat yang bisa didapat bagi kesehatan dengan bergandengan tangan dalam hubungan percintaan.

Meredakan stres

Sebuah enelitian menyebutkan, pegangan tangan atau berpelukan mampu menurunkan hormon stres yang disebut kortisol. Sentuhan yang berlangsung saat bergandengan tangan juga dapat meningkatkan produksi oksitosin, hormon yang mempengaruhi perasaan aman terhadap seseorang. Hormon oksitosin pada dasarnya bisa meningkatkan kesetiaan, kepercayaan, dan mempererat hubungan dengan pasangan.

Meningkatkan kualitas hubungan

Hormon oksitosin yang diproduksi pada saat menggenggam tangan pasangan bisa menghasilkan perasaan saling percaya dan kesetiaan. Hormon ini juga dapat meningkatkan kualitas hubungan jangka panjang, dan kebahagiaan Anda maupun pasangan. Hal ini ternyata juga berlaku pada orang berusia lanjut.

Seperti diketahui, sedari kecil otak kita mengasosiasikan memegang tangan orangtua dengan perasaan disayangi dan diperhatikan. Saat mendampingi maupun merawat lansia, menggandeng tangan mereka ternyata memberikan manfaat yang jauh lebih baik dari sekedar pengobatan medis.

Menyehatkan jantung

Berpegangan tangan juga bisa menurunkan tekanan darah. Darah tinggi adalah salah satu faktor dominan penyakit jantung. Ketika jari-jemari kita dan pasangan saling bertemu, bukan hanya stres yang diredakan. Kualitas hubungan pun bisa semakin baik.

Meringankan rasa sakit

Ketika menahan sakit, manusia memiliki refleks alami untuk menegangkan otot-ototnya. Seperti halnya peristiwa melahirkan. Para suami yang hadir di ruang persalinan dan menggenggam tangan istri bisa menguatkan sang istri.

Melawan rasa takut

Otak manusia merespons rasa takut menggunakan hormon adrenalin. Saat melawan rasa takut, tubuh akan memompa darah lebih cepat dan melepaskan hormon kortisol ke seluruh tubuh. Pada kondisi demikian, reaksi alamiah yang ingin kita lakukan adalah dengan meraih tangan orang tersayang. Ini adalah intuisi alamiah untuk melawan rasa takut.

Menghadirkan rasa aman

Menggandeng tangan akan memberikan perasaan aman dan dilindungi. Misalnya, pada saat akan menyeberang jalan atau berada di tempat ramai. Rasa tidak aman akan menghilang saat ada tangan yang menggandeng kita saat menghadapi rintangan.

Populer video

Berita lainnya