Ini Manfaat Makan Buah dan Sayur Saat Puasa

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Sayuran untuk Diet
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Jika sebelumnya kita dapat makan kapan pun, ketika puasa, pola makan tentunya berubah. Kita hanya bisa makan dan minum di waktu berbuka hingga sahur saja. Agar tetap sehat di bulan yang penuh berkah ini, Anda dianjurkan untuk mengonsumsi buah dan sayur secara rutin.

Kedua jenis makanan ini merupakan sumber vitamin, serat, mineral, serta mengandung air yang bisa membantumu terhidrasi dengan baik selama berpuasa. Melansir laman alodokter, berikut ini manfaat rutin mengonsumsi sayur dan buah selama bulan puasa.

Merasa kenyang lebih lama

Buah dan sayur dikenal sebagai makanan yang tinggi serat. Mengonsumsi makanan yang mengandung serat akan membuatmu merasa kenyang lebih lama. Hal ini karena serat bisa memperlambat pengosongan perut yang membuatmu jadi tidak mudah lapar.

Dengan rasa kenyang yang lebih lama, Anda juga terhindar dari keinginan mengonsumsi makanan tidak sehat atau makan secara berlebihan yang bisa menyebabkanmu mengalami peningkatan berat badan.

Meningkatkan kesehatan saluran cerna

Selama puasa, sebagian orang mungkin mengalami konstipasi atau sembelit. Untuk mencegah hal ini terjadi, salah satu upaya yang bisa dilakukan adalah dengan rutin mengonsumsi buah dan sayur. Serat yang terkandung pada buah dan sayur diketahui mampu mengatasi dan mencegah sulit BAB. Hal ini karena serat dapat membantu membuat tinja lebih lembut, sehingga lebih mudah untuk dikeluarkan.

Selain itu, pola makan tinggi serat, termasuk di bulan puasa, juga dapat membantu menurunkan risiko terjadinya hemoroid dan gangguan pada saluran pencernaan.

Membantu tubuh terhidrasi

Jeruk, semangka, melon, selada, mentimun, dan seledri merupakan beberapa jenis buah dan sayur yang mengandung banyak air. Mengonsumsi buah dan sayur jenis ini saat berbuka dan sahur dapat membantu tubuh tetap terhidrasi selama berpuasa. Dengan begitu, Anda pun akan terhindar dari risiko dehidrasi serta tetap kuat untuk menjalani aktivitas sehari-hari meski sedang berpuasa.

Menjaga daya tahan tubuh

Buah dan sayur umumnya mengandung sejumlah zat gizi yang baik untuk menjaga daya tahan tubuh, seperti vitamin A, C, dan zinc. Selain itu, zat gizi yang terkandung pada buah dan sayur juga memiliki sifat antioksidan yang diketahui mampu menangkal efek paparan radikal bebas.

Mengontrol kadar gula darah dan kolesterol

Makanan manis dan gorengan kerap menjadi menu berbuka. Padahal, jika dikonsumsi berlebihan, kedua jenis makanan ini bisa berdampak buruk bagi kesehatan, karena dapat meningkatkan kadar gula dan lemak dalam darah (kolesterol). Maka itu, penting untuk menyeimbangkan pola makan dengan mengonsumsi buah dan sayur dalam jumlah yang cukup.

Populer video

Berita lainnya