Hari Pertama Puasa Ramadan, Sebaiknya Anda Lakukan Persiapan Ini

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Ilustrasi Puasa Ramadan
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Umat Islam siap menyambut bulan Ramadan 1443 Hijriah, dan akan melaksanakan ibadah puasa besok, Minggu (3/4). Selain dari segi spiritualitas, tentunya ada banyak hal yang harus dipersiapkan untuk menjalani puasa hari pertama dan seterusnya, termasuk dalam urusan kesehatan.

Pasalnya, selaman bulan puasa, waktu makan dan tidur Anda tentunya akan berubah. Selain itu, waktu tidur pun jadi berkurang lantaran Anda harus bangun di seperempat malam menjelang subuh, untuk menyiapkan makan dan menyantap sahur. Kedua perubahan pola waktu tersebut dapat berpengaruh pada kondisi kesehatan Anda. Jika tidak mempersiapkan diri dengan baik, bisa-bisa hari pertama puasa Ramadan Anda dan hari-hari berikutnya terasa sulit untuk dilalui.

Tentunya Anda tidak ingin puasa menjadi terasa lemas, mudah mengantuk serta keluhan lain yang berpotensi mengganggu produktivitas, bukan? Agar puasa di bulan Ramadan tahun ini dapat berjalan lancar, simak persiapan puasa yang perlu Anda lakukan seperti dilansir dari laman sehatQ.

Makan makanan yang sehat dan bergizi

Supaya tubuh senantiasa sehat sejak hari pertama hingga terakhir puasa Ramadan, maka asupan makanan perlu diperhatikan. Upayakan untuk memenuhi asupan nutrisi harian tubuh yang berasal dari sayur-mayur, buah-buahan, kacang-kacangan, biji-bijian, daging merah, dan susu.

Dengan mencukupi seluruh nutrisi tersebut, Anda dapat mempertahankan stamina dan mendukung sistem kekebalan tubuh. Ini artinya, Anda pun dapat terhindar dari infeksi penyakit selama berpuasa.

Hindari makan gorengan, makanan asin, dan makanan tinggi gula

Bagi orang yang melaksanakan puasa, makan hidangan yang berminyak, asin, dan tinggi gula tentu rasanya menyenangkan. Meskipun makanan-makanan tersebut dapat memanjakan lidah, kebiasaan ini sebenarnya tidak baik untuk kesehatan. Anda juga perlu membatasi makanan dengan asupan garam tinggi, terutama saat sahur, karena dapat meningkatkan rasa haus.

Memperbanyak minum air putih

Langkah persiapan untuk puasa Ramadan berikutnya adalah dengan memperbanyak asupan air putih, terutama saat waktu sahur dan berbuka puasa. Minum banyak air putih bertujuan untuk mengurangi risiko dehidrasi selama berpuasa. Selain itu, Anda juga harus mengurangi minuman berkafein. Sebab, jenis minuman tersebut memiliki efek diuretik atau dapat menyebabkan buang air terus-menerus sehingga membuat cairan dalam tubuh Anda lebih cepat hilang.

Pastikan makan sahur

Sahur berperan penting untuk membuat tubuh tetap memiliki energi dalam menjalankan berbagai kegiatan selama seharian penuh. Jika sengaja melewati waktu sahur, Anda berisiko mengalami dehidrasi dan merasa lelah di siang hari. Selain itu, Anda pun cenderung makan berlebihan saat waktu berbuka puasa tiba, yang menyebabkan kenaikan berat badan tidak sehat.

Jangan makan berlebihan di waktu buka puasa

Tak sedikit orang yang makan berlebihan saat waktu buka puasa. Semua menu makanan yang ada di meja rasanya ingin dicicipi karena penasaran dengan rasa lapar. Selain itu, beberapa orang menjadikan berbuka puasa sebagai momen untuk balas dendam setelah seharian berpuasa.

Faktanya, makan berlebihan saat berbuka puasa berisiko membahayakan tubuh Anda. Konsumsi makanan berlemak tinggi dan makan berlebihan saat berbuka puasa dapat menyebabkan gangguan pencernaan dan peningkatan berat badan.

Mengubah pola tidur

Perbaiki waktu tidur menjadi salah satu persiapan puasa Ramadan yang perlu dilakukan. Langkah ini berlaku bukan hanya untuk hari pertama, melainkan juga untuk hari-hari selanjutnya. Jadi, agar Anda tidak lagi tidur terlalu malam, hindari kegiatan yang dapat mengganggu waktu tidur. Misalnya, main ponsel, menonton film, atau membaca buku.

Olahraga

Persiapan puasa hari pertama tidak hanya dari asupan makanan atau pola tidur, melainkan juga perlu didukung oleh aktivitas fisik atau olahraga. Berolahraga secara rutin merupakan persiapan menghadapi puasa Ramadhan lainnya untuk membuat tubuh lebih bugar dan sehat selama menjalani puasa.

Jika ingin melakukan olahraga di hari awal-awal puasa, sebaiknya lakukan olahraga dengan intensitas rendah terlebih dahulu. Hal yang paling penting adalah ketahui kondisi tubuh Anda sebelum olahraga dan segera beristirahat jika Anda merasa kesulitan berolahraga saat berpuasa.

Populer video

Berita lainnya