Ini Alasan Biji Bunga Matahari Dapat Meningkatkan Kesuburan Pria dan Wanita

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Ilustrasi Biji Bunga Matahari
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Biji bunga matahari kerap diolah menjadi kuaci, salah satu camilan yang sangat populer di Indonesia. Kuaci dikenal kaya akan nutrisi yang bisa meningkatkan kesehatan apabila dikonsumsi secara rutin dalam porsi yang tepat. Bahkan, biji bunga matahari juga disebut dapat meningkatkan kesuburan pria dan wanita. Melansir laman klikdokter, ini alasan biji bunga matahari memiliki manfaat untuk kesuburan.

Kaya protein

Pasangan yang ingin segera memiliki momongan dianjurkan untuk memenuhi kebutuhan protein sehari-hari. Sebab, nutrien berperan penting dalam membangun serta memperbaiki jaringan tubuh yang rusak. Dengan begitu, jaringan tubuh dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Pada gilirannya, hal itu akan akan meningkatkan kesuburan.

Tinggi omega-3

Biji bunga matahari kaya akan asam lemak omega 3, yang dapat membantu menjaga keseimbangan hormon di dalam tubuh. Asam lemak esensial tersebut juga bisa memberikan manfaat lain untuk kesuburan, seperti meningkatkan produksi lendir serviks, ovulasi, dan aliran darah ke organ reproduksi.

Tinggi serat

Biji bunga matahari juga kaya akan serat. Hal ini membuatnya mampu memberikan sensasi kenyang lebih lama apabila dikonsumsi, sehingga membuat orang tidak terlalu banyak makan. Sebagaimana diketahui, risiko obesitas kerap dikaitkan dengan masalah kesuburan pada pria maupun wanita.

Mengandung folat dan selenium

Menurut jurnal Human Reproduction Update, biji bunga matahari kaya akan folat dan selenium yang baik untuk kesuburan pria maupun wanita. Nutrisi tersebut, khususnya folat, dapat pula menurunkan risiko cacat tabung saraf pada bayi.

Mengandung zink

Biji matahari memiliki kandungan zink yang membantu meningkatkan kualitas sperma pria dan sel telur wanita. Selain itu, biji-bijian tersebut juga mengandung asam folat yang sama-sama membantu meningkatkan kualitas sperma maupun sel telur.

Populer video

Berita lainnya