Tak Hanya Lezat, Ini Empat Filosofi dari Pempek

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Ilustrasi Pempek
Foto: ShopeePay

Celebrithink.com – Bukan hanya memiliki keindahan pulau-pulaunya, Indonesia juga kaya akan ragam kulinernya yang sangat menggugah selera. Dari Sabang sampai Marauke, setiap daerah memiliki cita rasanya masing-masing, tak terkecuali daerah di bagian Selatan Sumatera. Ya, pempek khas Palembang.

Olahan yang terbuat dari ikan dan tepung ini lengkap disajikan dengan kuah cuko ini menawarkan perpaduan rasa gurih, manis, dan asam dari kuah cuko. Namun ternyata. di balik kelezatannya pempek memiliki filosofi yang mungkin tidak Anda ketahui. Mulai dari tekstur, bentuk, hingga rasa pempek memiliki makna mendalam yang bisa menjadi pelajaran dalam hidup. Melansir siaran pers ShopeePay, berikut empat filosofi dari pempek.

Tekstur kenyal sebagai simbol fleksibel dan dinamis

Pempek memiliki tekstur kenyal yang berarti bahwa hidup harus luwes dan peka terhadap perubahan. Zaman yang terus berkembang menuntut tiap individu untuk terus beradaptasi dengan perubahan ke arah yang lebih positif. Jika Anda menguasai kedua hal tersebut, tentu akan memudahkan menjalani kehidupan yang terus berubah seiring berkembangnya zaman.

Cita rasa pempek melambangkan keseimbangan hidup

Rasa pempek datang dari perpaduan berbagai rasa yang seimbang. Ada rasa gurih dari ikan yang telah diolah serta manis dan asam dari kuah cuko. Dari perpaduan rasa tersebut, pempek dapat disajikan di berbagai kesempatan karena cita rasanya yang cocok dengan lidah banyak orang.

Sama halnya dengan manusia, menjalani hidup yang seimbang akan memberikan banyak manfaat, seperti menghindari stres, semakin produktif, dan berdamai dengan diri sendiri. Hal tersebut dapat ditempuh jika kita bijak dalam mempertimbangkan berbagai hal, serta optimis bahwa hidup tentu akan indah jika kita bersabar dan berusaha.

Kuah cuko mengajarkan lebih realistis

Kondisi hidup selalu berubah-ubah, kadang merasa senang, kadang juga berganti menjadi perasaan sedih. Layaknya perpaduan rasa pada kuah pempek, ini menjadi pengingat untuk kita agar dapat menjalani kehidupan dengan realistis. Hidup realistis bukan berarti kita tidak optimis, tapi kita dapat menjalani hidup dengan pantang menyerah.

Kualitas pempek yang menggambarkan kredibilitas

Rasa ikan pada pempek selalu dijaga kualitasnya agar memberikan cita rasa yang segar dan nikmat. Dalam artian, tiap individu sebaiknya mampu menjaga kualitas diri dan meningkatkan kemampuan agar bisa menjadi pribadi yang lebih baik lagi ke depannya.

Individu yang berkualitas tentu akan memiliki kredibilitas yang tinggi dalam hidupnya. Nah, kredibilitas ini juga yang menjadi salah satu kunci untuk meraih kesuksesan karena semakin berkualitas, semakin banyak pula orang yang mempercayai kamu untuk menyelesaikan tanggung jawab.

Populer video

Berita lainnya