Waspada! Ini Dampak Terlalu Banyak Menggunakan Skincare

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Efek Samping Skincare
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Menyaksikan influencer mengulas beragam jenis skincare memang terkesan meyakinkan. Terlebih bagi mereka para penyuka perawatan kecantikan. Apalagi, hampir setiap orang tentu ingin memiliki kulit mulus dan cantik, bukan?Nyatanya, penggunaan terlalu banyak skincare bisa memberikan efek buruk buat kulit.

Bila memakai satu jenis skincare yang mengandung zat pemicu alergi kulit, risikonya pun bisa menjadi gatal-gatal dan muncul beruntus. Apalagi kalau Anda tak paham kandungan produk yang digunakan. Melansir laman klikdokter, berikut ini dampak memakai produk skincare berlapis-lapis atau kerap disebut teknik layering.

Wajah terasa berat

Produk skincare berbahan dasar krim atau serum kental merupakan yang paling sering menimbulkan kesan berat di wajah. Jika perasaan itu timbul pada pemakaian produk tertentu, lebih baik konsultasikan kepada dokter kulit. Hal ini untuk memastikan perlu atau tidaknya Anda memberhentikan teknik layering sebelum produk tersebut.

Iritasi kulit

Iritasi kulit juga bisa terjadi lantaran dampak penggunaan skincare berlebih. Hal ini biasanya terjadi bila Anda terlalu banyak memakai produk skincare yang fungsinya untuk eksfoliasi. Gejala iritasi berupa kulit kemerahan, kering mengelupas, dan perih.

Alergi

Salah satu efek samping skincare berlebih adalah munculnya reaksi alergi. Hal ini mungkin terjadi akibat reaksi dari kandungan bahan aktif yang berbeda-beda pada skincare A, B, dan C. Dalam kasus percampuran senyawa dari produk skincare berbeda, masalah yang dapat muncul adalah gatal, kemerahan, dan beruntus.

Mudah muncul komedo

Penggunaan produk perawatan wajah yang terlalu banyak bisa meningkatkan risiko penyumbatan pada pori-pori kulit. Cepat atau lambat, kondisi itu dapat memicu munculnya komedo. Risiko munculnya komedo bisa meningkat berkali lipat jika produk yang dipilih kurang tepat untuk jenis kulit Anda.

Kulit berminyak dan berjerawat

Sebagian besar produk skincare berfungsi untuk melembapkan. Sayangnya, produk ini tak cocok untuk Anda yang memiliki kulit berminyak dan berjerawat. Sebab, jika produk jenis itu digunakan untuk layering, wajah Anda justru bisa terlihat berat dan mengilap. Minyak berlebih tersebut nantinya dapat menyumbat pori-pori dan menjadi awal mula timbulnya jerawat.

Populer video

Berita lainnya