Menguak Manfaat Madu Hitam yang Sayang untuk Dilewatkan

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Madu Hitam
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Sudah menjadi rahasia umum, madu sangat baik untuk kesehatan tubuh. Terlebih bila dikonsumsi secara rutin, madu bisa membantu menjaga kesehatan secara menyeluruh karena mengandung sejumlah nutri yang baik untuk tubuh. Nah, salah satu jenis madu yang memiliki khasiat tinggi adalah madu hitam.

Madu hitam sendiri merupakan salah satu jenis dari madu yang dihasilkan oleh hewan lebah. Ternyata, semakin gelap warna madu, berarti semakin tinggi kandungan antioksidan di dalamnya. Ada banyak manfaat kesehatan dari antioksidan yang terkandung di dalam madu hitam, salah satunya untuk menangkal paparan radikal bebas. Melansir laman halodoc, berikut ini beberapa manfaat madu yang sayang dilewatkan.

Obat batuk alami

Madu alami disebut bisa membantu mengatasi batuk. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pun merekomendasikan penggunaan madu sebagai obat batuk alami.

Mempercepat penyembuhan luka

Mengoleskan madu bisa membantu mempercepat penyembuhan luka di permukaan kulit. Selain itu, bahan alami ini juga disebut bisa membantu menurunkan risiko infeksi, sebab memiliki sifat antibakteri. Madu hitam juga disebut bisa membantu meredakan gatal dan mengatasi masalah kulit lainnya, seperti herpes dan psoriasis.

Jantung lebih sehat

Kandungan antioksidan dalam madu nyatanya baik untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Termasuk kesehatan organ jantung. Sehingga, rutin mengonsumsi madu disebut bisa membantu meningkatkan kesehatan jantung sehingga terhindar dari risiko penyakit berbahaya.

Pengganti gula

Meski memiliki kandungan gula dan kalori, madu alami tetap lebih baik dibandingkan gula tambahan pada makanan atau minuman. Karenanya Anda bisa memanfaatkan madu sebagai pengganti gula. Madu sendiri memiliki rasa yang manis, sehingga cocok untuk dicampurkan pada makanan atau minuman kesukaan.

Populer video

Berita lainnya