Cara Mudah Mengatasi Mata Ikan

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Mata Ikan
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Mungkin sebagian dari kalian pernah mengalami mata ikan, di mana terasa seperti ada yang mengganjal di telapak kaki tapi bukan karena ada kerikil. Dalam istilah medis, mata ikan disebut sebagai clavus.

Kondisi tersebut merupakan penebalan kulit akibat gesekan dan tekanan terus-menerus. Jika dibiarkan, mata ikan bisa menimbulkan rasa nyeri, terutama saat berjalan dengan bertelanjang kaki.

Salah satu faktor yang paling sering menimbulkan mata ikan adalah penggunaan sepatu yang salah seperti, ukurannya tidak sesuai dengan kaki ataupun bahan alas kakinya terlalu keras. Melansir laman klikdokter, berikut ini cara mengatasi mata ikan yang bisa Anda coba.

Menggunakan Obat-obatan

Anda bisa menggunakan obat keratolitik untuk menghancurkan sel kulit mati. Tujuan utama penanganan mata ikan adalah menipiskan atau melepas penebalan kulit tersebut tanpa membuat luka yang menimbulkan perdarahan. Gunakan obat keratolitik yang mengandung asam salisilat. Biasanya obat ini tersedia dalam bentuk plester agar lebih mudah digunakan di rumah.

Pakai Sepatu yang Nyaman dan Empuk

Hindari memakai flat shoes atau high heels agar pengobatan mata ikan memberikan hasil yang maksimal. Bila perlu, gunakan bantalan tambahan pada sepatu untuk mengurangi gesekan di kulit.

Rendam Kaki di Air Hangat

Merendam kaki di dalam air hangat selama 5 hingga 10 menit. Hal ini dilakukan untuk melunakkan mata ikan. Semakin lunak mata ikan, semakin mudah Anda menghilangkan mata ikan tersebut.

Gosok dengan Batu Apung

Anda bisa mencoba menggosok atau mengikis mata ikan dengan batu apung. Lakukan perawatan ini secara rutin agar mata ikan cepat menghilang. Anda bisa menggosok mata ikan dengan batu apung setelah merendam kaki di air hangat.

Jaga Kulit Agar Tetap Lembap

Pastikan kulit kaki dan tangan Anda tetap lembap. Ketika kulit lembap, kulit mata ikan akan semakin lembut dan mudah diangkat.

Gunakan Bantalan Khusus Mata Ikan

Lindungi mata ikan dari kontak dengan sepatu atau sandal. Untuk menghindari kontak tersebut, Anda bisa menggunakan bantalan untuk melindungi mata ikan.

Kompres Es Batu

Jika mata ikan di kaki terasa nyeri dan bengkak, cobalah untuk mengatasi kondisi tersebut dengan memberikan kompres dingin. Anda bisa membungkus es batu menggunakan kain bersih atau plastik ziplock. Setelah itu, letakkan bungkusan es batu ke bagian tubuh yang terdapat mata ikan selama 10-20 menit.

Jika Sudah Parah, Mungkin Anda Butuh Bedah Minor

Jika sudah melakukan upaya-upaya di atas tetapi mata ikan di kaki masih membandel, Anda bisa mempertimbangkan tindakan bedah minor untuk menghilangkannya. Tindakan pengangkatan mata ikan tergolong mudah dan dapat dilakukan di klinik tanpa masuk ke ruang operasi.

Meski begitu, mata ikan yang sudah hilang bisa muncul kembali. Mata ikan bisa kambuh apabila Anda terus-menerus mengulangi kebiasaan seperti memakai ukuran sepatu yang salah dan keras. Hindari mencabut atau melukai mata ikan, terlebih jika Anda melakukannya menggunakan alat yang tidak higienis.

Populer video

Berita lainnya