Catat! Ini Minuman yang Bagus Dikonsumsi Setelah Olahraga

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Minuman Sehat
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Setelah berolahraga, tentunya Anda ingin segera minum melepas dahaga. Apalagi, berolahraga membuat tubuh Anda menggunakan banyak kadar gula dan elektrolit pun ikut digunakan selama olahraga. Namun, sebaiknya memilih jenis minuman yang tepat dan dapat mengembalikan kadar gula darah dan elektrolit ke jumlah yang normal.

Dengan konsumsi minuman yang baik setelah olahraga, maka juga dapat mengurangi kerusakan otot selama berolahraga. Proses ini disebut dengan recovery atau pemulihan. Melansir laman klikdokter, berikut rekomendasi minuman yang bagus untuk dikonsumsi setelah olahraga.

Air kelapa

Air kelapa kaya akan elektrolit dan antioksidan. Minuman ini direkomendasikan untuk diminum setelah olahraga, karena mampu mengembalikan elektrolit yang hilang. Selain itu, menurut sebuah studi, air kelapa memiliki kandungan kalium lima kali lebih banyak dibanding minuman olahraga pada umumnya.

Kalium merupakan zat elektrolit penting yang hilang dalam keringat. Zat ini membantu tubuh menyimpan karbohidrat untuk energi.

Jus jeruk

Jus jeruk termasuk minuman yang sangat baik untuk dikonsumsi setelah olahraga. Minuman ini dapat menggantikan vitamin dan mineral-mineral yang hilang saat Anda berolahraga intens.

Gula alami dalam jus jeruk cukup untuk menggantikan sebagian gula yang digunakan tubuh ketika berolahraga. Jus jeruk juga mengandung karbohidrat dan kalium. Namun, yang membedakan dengan minuman lainnya adalah kandungan vitamin C yang tinggi.

Susu cokelat

Susu sesungguhnya sangat digemari oleh penggiat olahraga angkat beban atau para atlet lainnya. Ini karena kandungan protein, kalsium, dan karbohidrat yang terkandung di dalamnya. Kandungan tersebut diperlukan untuk proses pemulihan dan perkembangan otot, terutama setelah berolahraga intens.

Yoghurt

Yoghurt dapat memberikan sejumlah protein yang penting untuk proses pemulihan tubuh. Anda dapat menambahkan buah-buahan ke dalam yoghurt, seperti stroberi, pisang, atau bluberi agar lebih segar. Selain kaya protein dan karbohidrat, Anda juga dapat memperoleh elektrolit dan antioksidan dari asupan tersebut.

Infused Water

Air adalah salah satu minuman terbaik, tidak terkecuali setelah berolahraga. Anda bisa membuat infused water untuk mengembalikan hidrasi dan kesegaran setelah beraktivitas fisik. Anda bisa membuat infused water dengan cara mencampurkan air dengan buah-buahan favorit, seperti lemon, stroberi, atau bluberi.

Teh

Penelitian menunjukkan bahwa minum teh efektif untuk membantu proses pemecahan lemak selama latihan aerobik dan pemulihan setelah latihan.

Penelitian lain pada 2010 menemukan, kadar darah atlet pria yang minum teh setelah menyelesaikan sprint (lari cepat) memiliki tingkat antioksidan tinggi dan kortisol yang rendah. Hal ini bisa disebabkan oleh kandungan zat antioksidan theaflavin dalam teh.

Minuman isotonik

Kombinasi karbohidrat, cairan, dan elektrolit di dalamnya pun dapat menjaga hidrasi dan energi selama olahraga. Namun perlu diingat, minuman olahraga yang dijual di pasaran dapat mengandung pewarna, rasa tambahan, serta pemanis tambahan yang tidak diperlukan tubuh.

Populer video

Berita lainnya