Jenis Olahraga Ini Dapat Menghilangkan Rasa Sedih Anda

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Olahraga untuk Remaja Perempuan
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Ketika dilanda perasaan sedih, beberapa orang memilih berolahraga untuk mengurangi perasaan negatif. Ternyata, olahraga saat bersedih justru membantu memperbaiki suasana hati Anda. Hal yang paling penting adalah Anda melakukannya sesuai kemampuan dan memilih jenis olahraga yang paling cocok dengan kesukaan Anda.

Beberapa manfaat olahraga saat sedih meliputi menurunkan perasaan tegang, meningkatkan mood, mengurangi gejala depresi, hingga meningkatkan kepercayaan diri. Nah, melansir laman hellosehat, berikut ini beberapa jenis olahraga yang telah terbukti membantu meningkatkan mood Anda.

Berjalan di alam terbuka

Latihan fisik ini membantu mengurangi suasana hati yang negatif, kecemasan, hingga stres. Berjalan di ruang terbuka hijau mampu memberikan efek yang lebih baik untuk kondisi mental Anda bila dibandingkan dengan berjalan kaki di perkotaan.

Jika Anda tinggal di kota dan akses menuju alam cukup sulit, Anda bisa berjalan di hutan kota atau taman terdekat. Cobalah berjalan kaki selama lima puluh menit untuk mengurangi perasaan sedih.

Tai chi

Olahraga ini membantu meningkatkan kesadaran diri atau mindfulness. Latihan ini membantu Anda agar tetap fokus dan menerima semua hal yang dialami, sehingga membantu menurunkan beban pikiran.

Apabila Anda pemula, Anda bisa memulai tai chi dengan menonton video atau bergabung di kelas tai chi. Gerakkan tubuh Anda secara lembut, perlahan, dan terus-menerus. Pastikan posisi kuda-kuda dan jongkok tetap kuat agar Anda bisa lebih fokus.

Kombinasi meditasi dan aerobik

Sebuah penelitian pada 2016 menyebutkan, meditasi dan olahraga aerobik mampu meningkatkan pembentukan sel saraf baru di otak. Regenerasi sel otak membuat Anda lebih tahan terhadap stres dan depresi. Berdasarkan hasil riset ini, olahraga saat sedih yang bisa dicoba adalah meditasi dengan sambil duduk tenang selama 20 menit. Meditasi dilanjutkan dengan berjalan selama 10 menit.

Setelah itu, Anda bisa meneruskan olahraga aerobik selama 30 puluh menit, pilihannya yaitu berjalan kaki, berlari, senam aerobik, dan bersepeda.

Latihan keseimbangan

Rutin melakukan latihan keseimbangan selama 30–75 menit dalam waktu delapan minggu berturut-turut mampu meningkatkan kebahagiaan secara signifikan. Latihan keseimbangan yang bisa anda lakukan seperti:

  • Berdiri dengan satu kaki, lalu tahan selama sepuluh detik. Lakukan di setiap sisi kaki.
  • Berjalan dengan memastikan jempol kaki di satu sisi selalu bersentuhan dengan tumit di sisi kaki lainnya. Lakukan sebanyak dua puluh langkah.
  • Berjalan biasa di atas garis lurus.

Yoga

Seperti halnya Tai chi, Yoga meningkatnya serotonin yakni senyawa yang membantu menstabilkan mood Olahraga ini juga membantu menurunkan hormon kortisol yang dilepaskan tubuh saat Anda sedih atau stres. Jenis yoga yang bisa mengurangi kesedihan adalah hatha yoga.

Populer video

Berita lainnya