Liburan Yuk! Ini Manfaatnya untuk Kesehatan

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Liburan
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Rasa lelah dan stres setelah bekerja, membuat Anda membutuhkan liburan. Apalagi di akhir tahun seperti saat ini, dimana banyak masyarakat yang memanfaatkan momen tersebut untuk berlibur.

Selain menyenangkan, sebenarnya liburan juga memiliki dampak positif bagi kesehatan tubuh. Melansir laman hellosehat, berikut beberapa manfaat yang bisa didapat dengan berlibur.

Mengurangi stres

Mereka yang menjalani liburan akan langsung merasakan manfaatnya. Berhenti sejenak dari rutinitas dan pergi ke tempat yang disukai bisa memberikan otak Anda kelegaan dari stres.

Stres merupakan reaksi tubuh terhadap ancaman, tekanan, dan perubahan yang bisa Anda hadapi setiap hari. Namun jika kadar strea terlalu tinggi, tentu tidak bagus bagi kesehatan.

Selama liburan, Anda bisa terkoneksi lebih leluasa dengan orang-orang yang Anda sayangi. Selain itu, liburan juga memberikan kesempatan bagi Anda untuk memanjakan diri sendiri, alias menciptakan waktu yang berkualitas untuk diri sendiri.

Meredakan rasa cemas

Selain mengurangi stres, liburan juga memberi manfaat bagi kesehatan mental dan mengurangi kecemasan.

Saat liburan, Anda akan menjadi lebih santai dan perasaan pun jadi lebih tenang. Tidak seperti hari-hari biasanya yang penuh kesibukan, yang kadang membuat Anda terburu-buru atau tergesa-gesa dalam melakukan sesuatu.

Meningkatkan produktivitas

Selama liburan, Anda bisa menghabiskan waktu dengan berbagai aktivitas yang disukai. Semua aktivitas tersebut membuat otak Anda melupakan sejenak pekerjaan maupun tugas-tugas lain yang melelahkan.

Setelah melakukan liburan, Anda juga lebih bersemangat untuk bekerja kembali. Inilah yang membuat produktivitas mengalami peningkatan setelah liburan.

Menimbulkan rasa kepuasan dalam hidup

Setiap orang dituntut bekerja untuk memenuhi berbagai kebutuhannya. Tapi bukan berarti Anda harus terus bekerja tanpa mengenal lelah.

Meluangkan waktu untuk berlibur juga perlu dilakukan. Liburan menjaga keseimbangan antara pekerjaan dengan kebahagiaan. Selain itu, liburan juga bisa meningkatkan rasa syukur Anda karena diberi kesempatan untuk menikmati keindahan selama mengunjungi tempat-tempat yang istimewa.

Populer video

Berita lainnya