Selain Tingkatkan Keintiman, Ini Manfaat Kelonan Bersama Pasangan

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Manfaat Kelonan
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Kelonan adalah aktivitas yang kerap dilakukan oleh pasangan dengan posisi saling memeluk, mencium, atau membelai lembut satu sama lain. Tak ayal, posisi ini kerap meningkatkan keintiman antara Anda dan pasangan. Ternyata tak hanya itu, rupanya kelonan juga bermanfaat bagi kesehatan, lho. Melansir laman sehatQ, berikut ulasannya.

Meredakan stres

Salah satu manfaat kelonan dengan orang yang kita sayang adalah bisa meredakan stres. Sebab, saat kelonan ada interaksi antara kulit tubuh Anda dan pasangan. Tubuh pun akan mengeluarkan hormon oksitosin yang membuat suasana hati menjadi lebih tenang dan bahagia.

Meningkatkan keintiman dengan pasangan

Manfaat kelonan lainnya adalah meningkatkan keintiman dengan pasangan. Terlebih jika posisi ini dilakukan setelah melakukan hubungan intim. Sebuah penelitian mengemukakan bahwa pasangan yang kelonan setelah berhubungan seks memiliki kepuasan seksual yang lebih tinggi dibandingkan pasangan yang tidak melakukan cuddling sesudahnya.

Membuat tidur lebih nyenyak

Oksitosin dikenal sebagai hormon yang dapat memberikan rasa tenang. Maka dari itu, Anda bisa melakukan kelonan dengan pasangan 10 menit sebelum tidur guna merasakan manfaat cuddling yang membuat tidur lebih nyenyak di malam hari.

Menurunkan tekanan darah

Sebuah hasil penelitian mengungkapkan bahwa aktivitas intim, seperti memegang tangan pasangan, memeluk, dan cuddling, terbukti dapat membantu menurunkan tekanan darah diastolik dan sistolik. Tekanan darah diastolik adalah tekanan ketika jantung Anda dalam keadaan istirahat, yaitu saat terjadi pengisian darah ke jantung.

Sementara, sistolik adalah tekanan ketika jantung Anda memompa darah ke seluruh tubuh. Dengan sering melakukan kelonan, Anda dapat terhindar dari risiko penyakit jantung dan stroke.

Mengurangi rasa nyeri saat proses pemulihan

Kelonan juga disarankan saat pasangan Anda sedang sakit atau dalam proses pemulihan. Selain sebagai dukungan moril, kelonan yang dilakukan ternyata bisa mengurangi rasa nyeri. Hal ini tak terlepas dari peran hormon oksitosin dalam proses pemulihan yang bekerja dengan memblokir rasa sakit dalam tubuh.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Kelonan dapat merangsang parasimpatik atau sistem relaksasi. Sistem relaksasi ini dapat membuat tubuh melepaskan hormon serotonin, dopamin, dan oksitosin. Ketiga hormon tersebut yang dapat meningkatkan imunitas kekebalan tubuh Anda.

Populer video

Berita lainnya